Antisipasi sarden bercacing, BPOM Jateng turunkan tim pemantau khusus

Jumat, 23 Maret 2018 10:32 Reporter : Dian Ade Permana
Antisipasi sarden bercacing, BPOM Jateng turunkan tim pemantau khusus Sarden berisi cacing disita BBPOM Riau. ©2018 Merdeka.com/Abdullah Sani

Merdeka.com - Tim gabungan dari Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jateng dan Balai Karantina ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Semarang mengadakan inspeksi terkait peredaran tiga merek sarden yang mengandung cacing.

"Kita sedang menurunkan tim pemantau khusus untuk mengecek peredaran sarden yang dimaksud, apakah sudah masuk di Jawa Tengah atau belum. Karena kandungan cacing dalam makanan kaleng seperti sarden tentu sangat rentan membahayakan kesehatan para konsumen," ungkap Novi Ekorini, Kepala Seksi Layanan Konsumen BPOM Kota Semarang, Jumat (23/3).

Ia mengancam kepada para produsen memperjualbelikan sarden yang mengandung cacing gilig bakal ditindak tegas. BPOM, kata Novi nantinya bakal membekukan izin operasional pabrik yang melanggar aturan tersebut. "Kami akan melakukan penarikan produk-produk makanan kaleng yang mengandung cacing. Penindakan akan dilakukan bersama BKPIM. Jika terbukti, kami membekukan izin importir sekaligus menindak produsen makanan olahan kaleng," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BKIPM Jawa Tengah, Gatot R Perdana, mengatakan, telah meningkatkan pengawasan di semua pintu masuk pelabuhan maupun jalur darat guna mengantisipasi masuknya produk sarden mengandung cacing gilig tersebut.

Di Jawa Tengah hanya ada sebuah pabrik pengalengan ikan yang beroperasi di Kota Pekalongan. "Proses distribusi produk di pabrik itu pasti kami awasi dengan ketat," ujarnya. Ia pun mengimbau kepada konsumen supaya segera melaporkan menemukan sarden yang memgandung cacing tersebut. [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Berbahaya
  3. Semarang
  4. BPOM
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini