Antisipasi Penyebaran Corona, Warga Tasikmalaya Diimbau Tidak Mudik

Sabtu, 28 Maret 2020 11:35 Reporter : Mochammad Iqbal
Antisipasi Penyebaran Corona, Warga Tasikmalaya Diimbau Tidak Mudik Ilustrasi. ©2020 REUTERS/Jason Lee

Merdeka.com - Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman mengimbau warganya yang saat ini berada di luar daerah untuk tidak pulang kampung di tengah wabah virus corona. Hal tersebut untuk mencegah penyebaran corona di Kota Tasikmalaya.

"Kita saling menjaga dan mendoakan saja. Warga yang di luar daerah Kota Tasikmalaya agar bertahan sementara di tempat masing-masing demi keselamatan bersama, khususnya mereka yang berada di Jabodetabek atau daerah zona merah Covid-19," ujarnya, Sabtu (28/3).

Dia menyebut bahwa warga Kota Tasikmalaya yang saat ini berada di luar kota memaksa pulang ke kampung halamannya malah akan menjadikan virus corona berpotensi semakin menyebar luas. Padahal saat ini pihaknya sedang berusaha memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Walau demikian, Budi mengaku sudah menginstruksikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk membahasa pendirian posko di perbatasan kota.

"Nantinya setiap orang yang datang dari luar kota akan diperiksa kondisi kesehatannya. Teknisnya sedang kita bahas. Intinya untuk meminimalisir masyarakat luar kota, khususnya dari zona merah masuk," akunya.

Budi menjelaskan bahwa setiap orang yang masuk ke Kota Tasikmalaya akan diperiksa kondisinya di perbatasan, dan hasilnya akan didata juga disampaikan untuk ditindaklanjuti.

Pemkot belum memutuskan untuk melakukan karantina wilayah atau lockdown karena masih banyaknya kebutuhan pokok yang masih harus didatangkan dari daerah lain. "Jadi kami akan melakukan pengetatan di perbatasan untuk menyaring orang yang masuk. Dan yang penting itu masyarakat juga tetap sadar. Jaga jarak," tutupnya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini