Antisipasi Krisis Pangan, Jokowi Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tak Produktif

Kamis, 11 Agustus 2022 13:04 Reporter : Arie Sunaryo
Antisipasi Krisis Pangan, Jokowi Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tak Produktif Presiden Jokowi. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat memanfaatkan lahan tak produktif di sekitar lingkungan untuk ditanami produk pertanian. Ajakan tersebut disampaikan saat kunjungan kerja di Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Kamis (11/8).

Ajakan tersebut disampaikan Jokowi untuk mengantisipasi krisis pangan yang terjadi di berbagai negara yang terjadi saat ini. Di mana 300 juta lebih masyarakat dunia mengalami kekurangan pangan akut dan kelaparan.

“Diperkirakan kalau ini tidak ada solusi bisa masuk ke 800 juta orang. Inilah kenapa lahan-lahan yang tidak produktif itu diproduktifkan. Urusan cabai, urusan lainnya, seharusnya rumah tangga rumah tangga di desa-desa itu bisa nanam itu. Polybag, atau di pekarangannya,” ujarnya.

Sehingga, lanjut dia, tidak lagi kekurangan cabai atau kenaikan harga cabai dan komoditas lainnya tidak terjadi.

“Ini yang sedang dikerjakan oleh Kementerian Pertanian. Dan lahan lahan yang tidak produktif ditanami seperti sekarang ini, kelapa genjah,” katanya.

2 dari 2 halaman

Dalam setahun atau dua setengah tahun ke depan hasilnya bisa dipetik. Satu pohon genjah bisa menghasilkan 180 buah per pohon. Buah kelapa genjah bisa diolah menjadi gula semut, minyak kelapa maupun dijual buahnya untuk minuman segar.

“Ini yang akan terus kita lakukan. Dan di Solo Raya, di Boyolali kita bagi 46.000, di Karanganyar kita bagi 44.000 dan di Sukoharjo 110.000 kelapa genjah,” terang dia.

Jokowi mentargetkan 1 juta kelapa genjah bisa ditanam di berbagai provinsi di Indonesia. Selain bibit kelapa genjah, lanjut Jokowi, pemerintah juga membagikan bibit jagung dan pohon jati.

“Ini baru dimulai di sini. Nanti di provinsi-provinsi yang kelapa itu jadi baik akan kita tanami. Targetnya kurang lebih satu juta kelapa genjah,” pungkas dia. [ray]

Baca juga:
Pulang Kampung ke Boyolali, Jokowi Bagi-Bagi Sembako dan Amplop
KIB Diskusi dengan Jokowi Bahas Capres hingga Platform Koalisi
INFOGRAFIS: Subsidi BBM Beban Berat Anggaran Negara
Intip Aksi Kopasgat TNI AU Kawal Jokowi, Ada Sniper di Gedung Tinggi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini