Antisipasi Kemarau, Pemerintah Siapkan Lumbung Padi di Kalimantan Tengah

Selasa, 5 Mei 2020 15:52 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Antisipasi Kemarau, Pemerintah Siapkan Lumbung Padi di Kalimantan Tengah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. ©2020 Bondan/Humas Ekon

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan untuk atasi musim kemarau dan membantu para petani pemerintah akan mempersiapkan lumbung padi baru di Kalimantan. Hal tersebut juga kata dia sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk membuat lumbung padi.

"Presiden mengarahkan berkonsentrasi melihat lumbung padi baru yang dulu pernah disiapkan di Kalimantan terkait dengan yang pernah dipersiapkan," katanya usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Selasa (5/5).

Lumbung padi tersebut bertujuan untuk menyiapkan dan mengantisipasi adanya prediksi kemarau dibeberapa wilayah menurut BMKG. Sebab itu, kata Airlangga pihak BUMN, Kementerian Pertanian, hingga PUPR bisa berkonsentrasi untuk menyiapkan lumbung padi tersebut.

"Tentu Kementan, BUMN dan lain konsentrasi dan juga PUPR mempersiapkan berkonsentrasi untuk menyiapkan infrastruktur lumbung pangan di Pulau Pisau, Kalimantan Tengah," ungkapnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo atau Jokowi imbau kepada jajarannya agar siaga atasi musim kemarau yang akan mempengaruhi pangan di Indonesia. Jokowi menjelaskan menurut prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) 30 persen wilayah akan alami kekeringan.

"Antisipasi mitigasi harus betul-betul di siapkan sehingga pekerjaan dan stabilitas harga bahan pangan tidak terganggu," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas terkait Antisipasi Dampak Kekeringan Terhadap Ketersediaan Bahan Pangan Pokok melalui siaran telekonference, Selasa (5/5).

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pun meminta agar ketersediaan air di daerah sentra produksi pertanian tercukupi. Mulai dari penyimpanan air hujan, embung hingga kolam retensi.

"Penyimpanan air buatan lainnya penting," ungkapnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini