Antisipasi Corona, Wagub Kaltim Minta Warga Tidak Bepergian ke China

Selasa, 28 Januari 2020 10:53 Reporter : Saud Rosadi
Antisipasi Corona, Wagub Kaltim Minta Warga Tidak Bepergian ke China Pertemuan Wagub Kaltim dengan media. ©2020 Merdeka.com/Saud Rosadi

Merdeka.com - Virus Corona merebak di sejumlah kota di China. Kemenkes menyiagakan rumah sakit agar virus itu tidak menyebar ke Indonesia. Apalagi, 2 kota di Kalimantan Timur, masuk di antara 19 daerah yang patut waspada sebaran virus Corona. Warga Kaltim pun diminta sementara waktu untuk tidak bepergian ke China.

Pemprov Kaltim telah menerima imbauan Kemenkes agar seluruh instansi kesehatan, khususnya rumah sakit waspada sebaran virus Corona, yang belum ditemukan vaksinnya itu.

"Waspada agar menyediakan tempat isolatif, untuk bisa mengisolasi pasien, jika ada (pasien diduga terjangkit virus Corona)," kata Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, ditemui di rumah dinasnya di Jalan Milono, Samarinda, usai Coffee Morning, Selasa (28/1).

Hadi menerangkan, semua jalur pelabuhan laut hingga darat di Kaltim yang demikian luas, juga diminta untuk mengantisipasi masuknya warga yang terindikasi terjangkit virus itu.

"Menginformasikan kepada Dinkes, kepada dokter, untuk waspada. Alhamdulillah, sampai hari ini, belum ada (terindikasi terjangkit virus Corona). Kia berdoa, jangan sampai terjadi," sebut Hadi.

1 dari 1 halaman

Hadi juga meminta, warga Kalimantan Timur untuk sementara ini, tidak bepergian ke China. "Soal travel warning, diperintah atau tidak diperintahkan, menurut saya untuk sementara jangan ada pergi ke China," tegas Hadi.

"Rumah sakit lebih waspada. Kan ciri-cirinya itu, suhu badan tinggi seperti demam biasa. Imbauan kepada masyarakat juga, agar hidup sehat. Dengan begitu, meminimalisir penyebaran virus itu," sebut Hadi menekankan.

Hadi juga kembali menegaskan, sampai hari ini, tidak ada warga Kaltim yang diperiksa dengan dugaan terjangkit virus itu.

"Salah pemberitaan kemarin. Saya sudah konfirmasi RSUD AW Syachrani. Tidak ada di Kaltim," tutup Hadi. [fik]

Baca juga:
MUI: Barang-Barang China Dikhawatirkan Bawa Virus Corona
Korban Virus Corona Bertambah, IHSG Diramal Terperosok Masuk Zona Merah
Harga Minyak Dunia Turun 10 Persen Akibat Virus Corona, Harga BBM Bakal Murah?
Pemerintah Jelaskan Alasan Belum Keluarkan Travel Warning ke China
Pimpinan Komisi I DPR Minta Kemenlu Bantu Evakuasi 12 Mahasiswa Aceh di Wuhan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini