Antisipasi Arus Balik Mudik, Polda Lampung Bangun Tiga Pos Pemeriksaan

Sabtu, 15 Mei 2021 10:04 Reporter : Bachtiarudin Alam
Antisipasi Arus Balik Mudik, Polda Lampung Bangun Tiga Pos Pemeriksaan Arus Balik Padati Tol Cikampek. ©2019 Merdeka.com/Bram Salam

Merdeka.com - Polda Lampung telah mempersiapkan tiga pos pengetatan pemeriksaan di Jalan Tol Trans Sumatera di Provinsi Lampung untuk arus balik Lebaran dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa.

"Semua arus balik dari pulau Sumatera menuju Pulau Jawa yang melewati Provinsi Lampung akan diadakan pengetatan pemeriksaan di tiga Pos yaitu di tol rest area KM 172 B, rest area KM 87 B dan rest area KM 20 B," kata Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno dalam keterangannya, Jumat (15/5).

Selain di tiga titik pos tersebut, dia mengatakan, terdapat satu pos lagi yang berada di jalan arteri Soekarno-Hatta. Sehingga pemudik diimbau agar mematuhi persyaratan dokumen yang telah ditentukan ketika pemeriksaan.

Adapun pemeriksaan yang dilakukan berupa dokumen sesuai Surat Edaran (SE) dari Satgas Covid-19 yaitu Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), Surat tugas bagi ASN, TNI-Polri, karyawan Perusahaan/BUMN dan Surat Keterangan resmi hasil rapid test Covid-19 yang berlaku 1x24 jam.

"Dan apabila tidak dilengkapi surat keterangan resmi hasil rapid test maka akan dilaksanakan test rapid antigen di lokasi pos pemeriksaan, bila hasilnya positif, Satgas penanganan Covid-19 akan membawa ke rumah sakit rujukan," ujarnya.

"Karena untuk Pulau Sumatera mengalami kenaikan pandemi Covid-19, jadi diharapkan semua instansi terkait bahu-membahu, mandatori test bukan random jadi semuanya wajib untuk mengecek semua dokumen PCR, Anti Gen ataupun Genose," tambah Hendro.

Kepada para Kapolres dan Dandim, dia mengingatkan agar menindaklanjuti arahan pemeriksaan arus balik mudik lebaran ini dengan mengecek pos-pos di wilayahnya hukumnya masing-masing.

"Kegiatan ini adalah kegiatan operasi kemanusiaan, operasi bersifat simpatik maka jauhkan tindakan-tindakan kesewenang-wenangan di lapangan oleh personel yang terlibat, kalau kita berniat baik Tuhan akan menolong kita," tutup Hendro. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini