Anita Kolopaking dan Andi Irfan Jadi Saksi di Sidang Pinangki

Rabu, 25 November 2020 11:04 Reporter : Bachtiarudin Alam
Anita Kolopaking dan Andi Irfan Jadi Saksi di Sidang Pinangki Anita Kolopaking dan Andi Irfan Bersaksi di Sidang Penangki. ©2020 Merdeka.com/Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat kembali menggelar sidang dengan menghadirkan tersangka Anita Dewi Kolopaking dan terdakwa mantan politisi Partai NasDem Andi Irfan Jaya untuk menjadi saksi dalam sidang lanjutan perkara atas terdakwa Pinangki Sirna Malasari.

Berdasarkan pantauan merdeka.com sidang baru dimulai dan dibuka oleh Majelis Hakim sekitar pukul 10.36 WIB, pada Rabu (25/11). Diawali dengan pengambilan sumpah terhadap Anita Kolopaking dan Andi Irfan.

"Saya bersumpah bahwa saya sebagai saksi dalam perkara ini akan memberikan perkara yang sebenarnya," ujar Andi Irfan saat diminta untuk bersumpah bersama Anita Kolopaking.

Setelah sidang dimulai, jaksa penuntut umum (JPU) meminta untuk pemeriksaan saksi dimulai secara satu persatu, dimulai dari Anita Kolopaking. Kemudian untuk Andi Irfan kembali diantar keluar ruangan sidang.

Sementara untuk terdakwa Pinangki juga hadir di ruang persidangan dengan berbusana muslim warna hitam, bersamaan kuasa hukumnya.

Sebelumnya Pinangki dalam jabatannya selaku Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Kejaksaan Agung didakwa menerima suap sebesar USD500.000 dari terpidana Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra alias Joktjan.

Suap yang diterima Pinangki untuk mengurus fatwa di Mahkamah Agung (MA) terkait perkara cassie Bank Bali atas nama terpidana Djoko Tjandra melalui Kejaksaan Agung. Selain penerimaan suap, Pinangki juga didakwa melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU). [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini