Anies: Pemerintah Pusat Cari Lokasi Baru untuk Tampung Pencari Suaka di Kalideres

Selasa, 3 September 2019 11:53 Reporter : Merdeka
Anies: Pemerintah Pusat Cari Lokasi Baru untuk Tampung Pencari Suaka di Kalideres Pencari suaka gelar demo di pengungsian. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Sekitar 350 pencari suaka masih bertahan di lahan eks Kodim Kalideres, Jakarta Barat. Rencananya mereka akan dipindah secara bertahap oleh pemerintah.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait pemindahan para pencari suaka tersebut. Menurut Anies, Pemprov DKI tidak memiliki wewenang untuk melakukan pemindahan.

"Mereka juga sedang mencari tempat baru, kita tunggu. Karena sisi kami, yang bisa kita lakukan adalah aspek kemanusiaan. Tetapi kalau solusi terhadap mereka sendiri itu di luar kewenangan kita," ungkap Anies di Balaikota, Jakarta, Selasa (3/9).

Pemprov DKI hanya bisa membantu dari sisi kemanusiaan seperti pemenuhan kebutuhan dasar seperti makan, minum, dan Mandi Cuci Kakus (MCK).

Lebih lanjut, Anies menyebut pemerintah pusat saat ini tengah mencari lokasi untuk menampung para imigran itu. "Tadi pagi saya koordinasi dengan pemerintah pusat soal itu, mereka sedang mencari solusi tempat, kalau sudah kita kebut," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah menambahkan pihak United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) sudah menawarkan bantuan sebesar Rp 1,5 juta per keluarga kepada pencari suaka.

"Kalau yang single (seorang diri) kalau enggak salah Rp 1 juta. Ditawarkan kepada mereka untuk masa enam bulan. Walaupun mereka menuntut sampai 12 bulan kan," katanya.

"Dilihat perkembangannya ternyata satu per satu mereka karena kondisi yang di sana sudah tidak lagi representatif sebenarnya. Cuma mereka saja masih bertahan dan kita doakan bersama-sama," lanjutnya.

Dia menyatakan, Dinsos DKI akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memikirkan solusi terbaik terkait nasib pencari suaka. "Nanti waktu ada rapat lagi kita lihat solusinya seperti apa kontribusi DKI sesuai Perpres 125," tandas dia.

Reporter: Ratu Annisaa Suryasumirat [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini