Anies Baswedan Undang Gubernur Tokyo ke Konferensi Urban 20

Sabtu, 13 Agustus 2022 13:30 Reporter : Lydia Fransisca
Anies Baswedan Undang Gubernur Tokyo ke Konferensi Urban 20 Anies Baswedan. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Balai Kota Tokyo, untuk membahas usaha kebangkitan pasca pandemi, kerja sama membangun kota tahan bencana, dan kerja sama di bidang transportasi publik ramah lingkungan.

Dalam kunjungan tersebut, dia mengundang Gubernur Tokyo Yuriko Koieke untuk menghadiri konferensi U20 Mayors Summit 2022 (Urban 20) di Jakarta, pada 30-31 Agustus 2022 mendatang.

"Kami juga mengundang Gubernur Koike untuk menghadiri konferensi Urban 20 di Jakarta pada akhir bulan Agustus ini, dan alhamdulillah dia menyampaikan kesediaan dan konfirmasinya untuk hadir langsung, bersama dengan pemimpin kota-kota utama dunia lainnya," tulis Anies dalam akun Instagram resminya @aniesbaswedan, Sabtu (13/8).

Urban 20 merupakan bagian dari agenda Presidensi G20 Indonesia. Melalui U20, kota-kota yang mewakili negara anggota G20 berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah nasional untuk mengatasi tantangan paling mendesak yang dihadapi dunia, termasuk pemulihan dari krisis akibat pandemi COVID-19, darurat iklim, dan meningkatnya ketidaksetaraan struktural.

Nantinya, Gubernur Anies akan memimpin U20 kelima bersama dengan Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat.

2 dari 2 halaman

Cerita Anies di Balai Kota Tokyo

Saat tiba di balai kota Tokyo, Anies mengaku ada staf Gubenur Koike yang minta foto bersama sambil membawa selembar print out foto bersama 5 tahun yang lalu. Foto tersebut disimpan secara rapi dan tertib. Selain itu, Gubernur Koike juga menunjukkan gambar ikan yang dilukis oleh mantan Perdana Menteri Jepanh Shinzo Abe.

"Ada yang unik, sambil keluar Gubernur Koike menunjukkan sebuah gambar ikan yg dilukis oleh mendiang Shinzo Abe, mantan PM Jepang sebagai cara ia mengingat dan menghormati tokoh penting di Jepang," tulis Anies.

Anies juga memaparkan kisah ketika pertama kali bertemu dengan Koike. Menurutnya, Tokyo dan Jakarta merupakan kota kembar.

"Pertama kali bertemu dengan Gubernur Koike, pada tahun 2017 ketika awal kami akan menjabat sebagai Gubernur DKI. Tokyo dan Jakarta adalah sister cities, kota kembar, dengan hubungan yang sudah lama," kata Anies.

Sejak pertemuan tersebut, Anies dan Koike bertemu lagi pada 2019 ketika acara Urban 20 Summit di Tokyo. "Selain itu, terjadi pula pertemuan berkali-kali secara virtual saat kota-kota utama dunia bersama-sama menghadapi pandemi COVID-19," kata Anies.

Berdasarkan cerita Anies, para gubernur dan wali kota dari berbagai negara melakukan Zoom meeting secara berkala di masa awal-awal pandemi. "Kami saling belajar, saling bertanya dan bertukar pengalaman lintas kota se-dunia soal penanganan covid," tambah Anies.

Lalu, Anies dan Koike juga terpilih menjadi vice-chair C40 pada 2019. Organisasi kota-kota utama dunia yang berfokus pada penanganan krisis iklim global. Untuk itu, komunikasi dan kerjasama dengan Gubernur Koike selama ini jadi makin intensif.

Anies juga menambahkan bahwa Koike tidak hanya fasih berbahasa Jepang dan Inggris. "Selain fasih berbahasa Jepang dan Inggris, Gubernur Koike juga fasih berbahasa Arab karena pada masa mudanya pernah kuliah, tinggal dan bekerja di Kairo," kata Anies. [azz]

Baca juga:
Anies Temui Gubernur Tokyo Bahas Kota Tahan Bencana hingga Transportasi
HUT RI ke-77, Anies akan Pidato dan Beri Penghargaan ke Nakes di JMF 2022
Anies Tetapkan Tarif Integrasi Rp10 Ribu, PKB: Perbaiki Dulu Layanan Transportasi
Hari Ini, Transjakarta Kembali Operasikan Halte Kwitang Usai Revitalisasi
Anies Tetapkan Tarif TransJakarta, MRT, dan LRT Maksimal Rp10 ribu
Anies Baswedan Undang Ketua BEM, Bahas Masa Depan Jakarta

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. KTT G20
  3. Anies Baswedan
  4. Jepang
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini