Anies Baswedan: Jurnalis adalah guru dari sebuah bangsa

Kamis, 9 Februari 2017 13:31 Reporter : Anisyah Al Faqir
Anies Baswedan: Jurnalis adalah guru dari sebuah bangsa Anies Baswedan di Pasar Induk. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Setiap tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional. Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mengaku ikut merasakan euforianya. Sebab bagi dia, profesi jurnalis diibaratkan guru bagi masyarakat luas.

Anies juga mengaku sejak kecil sudah dekat dengan lingkungan wartawan di daerah Yogyakarta. Biasanya dia bermain ke Balai Wartawan PWI di Jogjakarta.

"Saya tumbuh besar di kalangan wartawan, masa kecil saya selalu datang ke Balai Wartawan PWI di Yogyakarta. Saya merasakan betul betapa wartawan, teman-teman jurnalis, adalah guru dari sebuah bangsa, guru dari masyarakat," kata Anies di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/2).

Apapun plafon medianya, menurut Anies, semua memegang peran penting. Pers menjadikan sarana literasi dari kondisi dalam berbagai hal. Sehingga pers diharapkan menjadi teladan masyarakat.

"Saya berharap, pers Indonesia terus, makin mencerdaskan, mencerahkan, dan membuat kita menjadi bangsa yang bukan cuma berpengetahuan, tetapi juga makin bersemangat," ungkap Anies.

Terakhir, Anies mengucapkan selamat kepada insan pers di Indonesia. "Saya ingin ucapkan selamat kepada masyarakat pers Indonesia. Saya berharap pers kita dan kalangan pers bisa jadi contoh masyarakat yang terdidik," terangnya. [ang]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini