Angin Kencang Mengamuk di Banda Aceh, Rumah Kepala Desa Rusak

Rabu, 28 Agustus 2019 14:56 Reporter : Afif
Angin Kencang Mengamuk di Banda Aceh, Rumah Kepala Desa Rusak Ilustrasi

Merdeka.com - Angin kencang mengamuk di Cot Gampong Cot Gampong Ceurih, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh, Rabu (28/8) sekira pukul 04.00 WIB. Akibatnya, rumah milik kepala dusun setempat bernama Erwin Kepala Dusun (Kadus) porak poranda.

Hampir semua atap rumah copot setelah diterjang angin menjelang subuh tadi. Beberapa rumah lain di sekitar itu juga ikut rusak ringan akibat tertimpa material rumah milik Kadus.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) T Ahmad Dadek mengatakan, peristiwa ini terjadi akibat perubahan cuaca melanda Aceh, terjadi angin kencang disertai hujan dengan intensitas sedang di Banda Aceh.

"Dampaknya satu unit rumah milik Pak Kadus rusak berat," kata T Ahmad Dadek, Rabu (28/8).

Katanya kondisi terakhir pada pukul 07.00 WIB, pemilik rumah membersihkan puing material yang rusak diterpa angin kencang. Kendati demikian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Angin kencang dan hujan ringan dan lebat tidak hanya terjadi di wilayah Ulee Kareng. Peristiwa serupa terjadi di Gampong Kajhu Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar. Namun tidak ada laporan ada terjadi kerusakan.

Sementara itu berdasarkan data BMKG, Aceh masih berpotensi angin kencang dan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan kilat di sejumlah kabupaten kota. Seperti wilayah Aceh Timur, Aceh Tamiang, Langsa, Gayo Lues, Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Kondisi ini juga bisa meluas hingga wilayah Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Tenggara dan Simeulue. Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 16.30 WIB hari ini. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini