Anggota DPR Minta Obat Corona Buatan Unair Segera Diproduksi Pemerintah

Senin, 17 Agustus 2020 10:52 Reporter : Ahda Bayhaqi
Anggota DPR Minta Obat Corona Buatan Unair Segera Diproduksi Pemerintah Ilustrasi Covid-19. Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Daulay, mengapresiasi keberhasilan Unair meracik obat corona. Saleh mendorong agar pemerintah segera memproduksi obat tersebut dan berharap izin produksi dan edar obat tersebut tidak terkendala birokrasi.

"Untuk itu, BPOM diharapkan segera melakukan uji laboratorium sehingga izin produksi dan edarnya bisa dikeluarkan. Jangan ada kendala birokrasi yang menghambat. Sudah sepatutnya semua pihak ambil bagian dalam keberhasilan ini," ujar Saleh dalam keterangannya, Senin (17/8).

Saleh minta Satgas Covid-19 segera mendistribusikan obat ke seluruh rumah sakit yang menangani pasien, jika obat itu memiliki izin produksi dan izin edar. Dia mencatat ada 40.296 pasien Covid-19 di berbagai rumah sakit di Indonesia. Obat tersebut harus diberikan kepada pasien tersebut.

"Kalau tidak salah, obat ini diklaim sebagai obat covid-19 pertama di dunia. Tentu ini sangat membanggakan. Karena itu, selain diproduksi untuk kebutuhan dalam negeri, Indonesia juga boleh berbagi dengan negara-negara lain," katanya.

Menurutnya, obat Unair itu menjadi solusi sebelum vaksin ditemukan. Diharapkan obat ini dapat menurunkan kematian akibat virus corona.

"Sebelum vaksin ditemukan, obat ini adalah solusi yang bisa ditawarkan. Setidaknya, ini diharapkan dapat menurunkan angka kematian akibat virus corona," pungkas Saleh. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Obat Covid 19
  3. Covid 19
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini