Anak Magang Positif Covid-19, Kampus UNS Tasikmalaya Ditutup Sementara

Kamis, 22 Oktober 2020 12:09 Reporter : Mochammad Iqbal
Anak Magang Positif Covid-19, Kampus UNS Tasikmalaya Ditutup Sementara ilustrasi corona. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Seluruh kegiatan di kampus Universitas Negeri Siliwangi (US) Tasikmalaya, sejak Selasa (20/10) dihentikan sementara. Penghentian tersebut dilakukan setelah ditemukannya kasus anak magang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di lingkungan kampus.

Ketua Pusat Komunikasi, Informasi, dan Edukasi UNS, Asep Suryana mengatakan bahwa penghentian seluruh aktivitas dilakukan setelah pihaknya menerima arahan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya. Atas arahan tersebut, kini seluruh karyawan diminta bekerja dari rumah (work from home) untuk sementara waktu.

"Ada beberapa yang tetap bekerja, yaitu tenaga keamanan dan tenaga lapangan untuk menyemprot desinfektan setiap hari. Memang sekarang tiap hari kita semprot wilayah kampus," kata Asep, Kamis (22/10).

Penutupan seluruh aktivitas kampus, menurut Asep berawal dari adanya anak SMK yang magang di UNS. Beberapa waktu lalu, anak magang itu mengabarkan pihak kampus bahwa dirinya terpapar Covid-19.

Mengetahui hal tersebut, pihak kampus pun kemudian berinisiatif melakukan tes cepat. "Dari sekitar 100 orang, ada empat yang reaktif. Empat orang itu akhirnya melakukan tes swab, dan hasilnya, ada tiga orang karyawan yang positif," kata dia.

Setidaknya, kini empat orang dari kampus UNS terkonfirmasi positif Covid-19, termasuk anak magang. Walau begitu, Asep mengaku belum bisa memastikan sumber penularan virus itu. walau awal kasusnya dari anak magang, menurutnya belum tentu ia yang menularkan.

Pasca adanya 4 orang yang terpapar, pihak kampus pun kemudian melakukan tes usap kepada 120 orang karyawan. Hasil tes usap itu akan diketahui pada Sabtu (24/10). Kalau hasil tes usap seluruh karyawan dinyatakan negatif, rencananya pada Senin (26/10) kampus akan kembali dibuka. Namun kalau ada penambahan, penutupan akan diperpanjang.

"Saat ini yang beroperasi hanya satu, fakultas ekonomi. Karena ada akreditasi. Sementara gedung lainnya semua ditutup," tutupnya. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini