Amankan situasi usai bentrok timses, Brimob dikirim ke Empat Lawang

Rabu, 13 Juni 2018 06:35 Reporter : Irwanto
Ilustrasi. ©2018 Merdeka.com/Abdul Azis Rasjid

Merdeka.com - Untuk meredam situasi setelah terjadinya bentrokan antar tim sukses pasangan calon bupati dan wakil bupati, dua pleton Brimob Polda Sumsel dikirim ke Kabupaten Empat Lawang. Bentrokan itu sebelumnya membuat satu korban tewas dan tiga lainnya terkena tembakan.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, anggota yang diturunkan langsung berangkat dari Palembang, Selasa malam. Sebelumnya, dua pleton Brimob sudah berada di lokasi setelah bentrokan saat deklarasi damai pilkada Empat Lawang beberapa bulan lalu.

"Di sana sudah ada dua pleton Brimob, saya kirim dua pleton lagi. Saya perintahkan malam ini juga langsung ke lokasi. Besok saya juga akan ke lokasi," ungkap Zulkarnain, Selasa (12/6).

Zulkarnain meminta masing-masing pihak menahan emosi dan tidak terpancing provokasi pihak yang ingin memperkeruh situasi. Tugas ini juga dibebankan kepada penyelenggara pilkada untuk menjadikan pilkada ini berjalan kondusif.

"Saya mengimbau pendukung menahan diri. Kami juga akan jaga kantor KPU dan Panwaslu di sana," ujarnya.

Selain mencari pelaku dan mengirimkan Brimob, Zulkarnain juga menginstruksikan kepolisian setempat memanggil kedua paslon bupati dan wakil bupati Empat Lawang. Sebab, pilkada damai telah disepakati bersama antara masing-masing calon, penyelenggara, dan aparat kepolisian.

"Saya perintahkan Kapolres memanggil dua paslon itu. Kami sejak awal melakukan peredaman situasi," pungkasnya. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini