Ali Ngabalin: Jokowi Beri Arahan Terkait Kasus Sambo dan Kanjuruhan ke Polri

Jumat, 14 Oktober 2022 12:02 Reporter : Supriatin
Ali Ngabalin: Jokowi Beri Arahan Terkait Kasus Sambo dan Kanjuruhan ke Polri Jokowi Pimpin Sidang Kabinet Paripurna. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin mengungkap alasan Presiden Joko Widodo memanggil perwira tinggi (Pati) Polri ke Istana Negara, Jakarta, siang ini. Menurut dia, pemanggilan ini buntut sejumlah kasus yang melibatkan Polri.

Kasus tersebut di antaranya, pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat yang diduga dilakukan oleh mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Kemudian, tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

"Institusi Polri sedang tidak baik-baik saja. Sepanjang sejarah republik ini, Polri baru pertama kali terjadi kasus seperti Sambo dan ada Brigjen, Irjen, diberhentikan, digelandangkan di Kejaksaan Agung. Belum selesai di sana, ada tragedi Kanjuruhan, Malang," kata Ngabalin kepada merdeka.com, Jumat (14/10).

2 dari 3 halaman

Ngabalin mengatakan, Jokowi akan memberikan arahan dan berdiskusi dengan pati Polri terkait kasus tersebut. Langkah ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 agar Kepala Negara memastikan hukum dan keamanan di Tanah Air terkendali.

"Itulah kenapa atas perintah Undang-Undang, Presiden sangat patut, wajar melaksanakan ini," ucapnya.

Selain arahan terkait kasus Ferdy Sambo dan Kanjuruhan, kata Ngabalin, Jokowi akan memberikan pesan soal penegakan hukum dan keamanan di Indonesia.

"Tentu ada hal-hal yang sangat substansi mengenai hal-hal berkaitan dengan hukum dan keamanan bagi masa depan republik," ucap dia.

3 dari 3 halaman

Pada pemanggilan kali ini, Jokowi meminta Pati Polri tak memakai penutup kepala dan tongkat. Selain itu, dilarang membawa ADC dan handphone. Mereka hanya diperkenankan membawa buku dan pulpen.

Ngabalin meminta Pati Polri tak keberatan dengan aturan tersebut. Menurut dia, hal yang biasa bila berhadapan dengan Jokowi tak membawa serta tongkat dan handphone.

"Jadi jangan dilihat tidak bawa tongkat, tidak bawa tongkat komando, tidak bawa ajudan, tidak bawa handphone, apa semua. Jangan dilihat dari situnya," ujar Ngabalin.

Jokowi memanggil Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ke Istana Negara pada siang ini. Selain Kapolri, para pejabat utama Mabes Polri, seluruh Kapolda dan Kapolres juga bakal menghadap Kepala Negara.

Jokowi akan memberi pengarahan kepada Kapolri dan seluruh anak buahnya pukul 14.00 WIB. Informasi itu tertulis dalam surat Telegram Rahasia (TR) Kapolri bernomor STR/764/X/HUM.1/2022 tertanggal Rabu (12/10).

Baca juga:
Jokowi Panggil Kapolri hingga Kapolres Siang Ini, Dilarang Bawa Tongkat dan HP
Jadi Polisi Paling Tajir, Ini Sisi Lain Kapolda Jatim Teddy Minahasa
Kapolri: Ahli Dilibatkan Dalami Gas Air Mata Kedaluwarsa saat Tragedi Kanjuruhan
Kapolri, Kapolda dan Kapolres Dipanggil Jokowi ke Istana Besok, Ada Apa?
Kapolri Minta Pelayanan Medis Korban Tragedi Kanjuruhan Dilakukan Maksimal
Jokowi: Kapolrinya Masih Listyo Sigit Prabowo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini