Alasan Masih Belajar, Nadiem Makarim Enggan Komentari Isu Pendidikan

Senin, 28 Oktober 2019 12:34 Reporter : Merdeka
Alasan Masih Belajar, Nadiem Makarim Enggan Komentari Isu Pendidikan Nadiem Makarim jadi menteri termuda. ©2019Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim enggan mengomentari berbagai permasalahan dalam dunia pendidikan. Pasalnya ia mengaku masih baru menjabat sebagai orang nomor satu dalam lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu.

"Jangan ditanya mengenai apa kebijakan saya. Saya masih tahap belajar ya," kata Nadiem di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Senin (28/10).

Hal itu menjawab pertanyaan awak media terkait langkah konkret Nadiem menangani permasalahan minimnya pendidikan di daerah terpencil.

Mantan bos Gojek itu mengaku dirinya masih dalam proses belajar dan belum bisa untuk menjawab maupun mengomentari berbagai isu yang menyangkut pendidikan.

Nadiem sebelumnya merupakan petinggi perusahaan teknologi jasa Gojek. Atas kecakapannya membesarkan Gojek, Nadiem ditarik Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam kabinet keduanya untuk menempati posisi Mendikbud.

Ia dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Rabu (23/10). Keputusan Jokowi menunjuk Nadiem Makarim sebagai Mendikbud yang baru menggantikan Muhadjir Effendi ternyata tak hanya ramai diperbincangkan di Tanah Air, tapi juga jadi sorotan dunia.

Sejumlah media asing mengangkat isu pelantikannya di Istana Negara. Portal teknologi dan berita bisnis terkemuka di China, kr-asia.com mengangkat isu tersebut dengan artikel berjudul "Nadiem Makarim is now Indonesia’s minister of education and culture".

"Mantan CEO Gojek diharapkan akan menghasilkan terobosan signifikan dalam program pendidikan Indonesia," demikian tulis media itu dalam kalimat pembukanya.

Sementara itu, media Amerika, Bloomberg, mengulas isu pengangkatan eks bos Gojek itu dalam artikel bertajuk "Jokowi Picks Gojek Founder Makarim as Indonesia Education Minister". Bloomberg menuliskan bahwa Presiden Indonesia Joko Widodo meluncurkan daftar 38 menteri dan pejabat kabinet dengan salah satu pendiri Gojek, Nadiem Makarim, ditunjuk sebagai menteri pendidikan yang baru.

Reporter: Yopi Makdori [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini