Alami Gangguan Jiwa, Dua Warga di Kebumen Dipasung

Sabtu, 7 Desember 2019 22:32 Reporter : Abdul Aziz
Alami Gangguan Jiwa, Dua Warga di Kebumen Dipasung Ilustrasi dipasung. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Dua warga Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen mengalami pemasungan oleh keluarganya. Keduanya dipasung karena menderita gangguan jiwa. Sedang orang tua mereka tidak memiliki cukup biaya untuk mengobati.

Dua warga itu, yakni Rasimah (60) warga Desa Tambakprogaten Klirong, dan Sopiah (27) warga Desa Pandanlor Klirong.

Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman bercerita keduanya telah dipasung oleh keluarganya selama puluhan tahun. Pada Kamis (5/12) kemarin, Polsek Klirong mengambil langkah melakukan evakuasi agar keduanya mendapat perawatan medis.

"Keduanya sangat memprihatinkan. Mereka telah dipasung puluhan tahun. Bahkan, keduanya lama nggak mandi," jelas Iptu Tugiman, Sabtu (7/12)

Lanjut Iptu Tugiman, kedua warga dengan gangguan jiwa itu sedianya akan dibawa ke Puskesmas Pejagoan. Mereka akan mendapatkan perawatan medis.

Evakuasi warga yang dipasung itu, dijelaskan Iptu Tugiman berdasarkan laporan warga. Selanjutnya informasi itu diteruskan ke Dinkes Kabupaten Kebumen.

Sedang saat ini, tidak diperbolehkan ada warga yang dipasung. Pemasungan bukan sebuah solusi saat mengobati orang dengan gangguan jiwa.

Rasimah sendiri hanya tinggal dengan Ibunya yang sudah renta. Rasimah siang malam hanya dipasung karena jika dikeluarkan, dikhawatirkan akan mengganggu ketenangan warga sekitar.

Selanjutnya Sopiah, menderita sakit gangguan jiwa saat ia menginjak kelas 6 SD. Saat dilakukan evakuasi, Sopiah kesulitan berjalan karena terlalu lama dipasung. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pemasungan
  3. Gangguan Jiwa
  4. Kebumen
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini