Akun Instagram Pemkot Solo Diretas, Girban Lapor ke Facebook

Sabtu, 9 Oktober 2021 19:31 Reporter : Yan Muhardiansyah
Akun Instagram Pemkot Solo Diretas, Girban Lapor ke Facebook Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Akun Instagram milik Pemerintah Kota Solo @pemkot_solo diretas orang tidak bertanggung jawab. Wali Kota Gibran Rakabuming Raka melaporkan peretasan ini kepada pihak Facebook yang menjadi induk perusahaan Instagram.

Peretasan terhadap akun @pemkot_solo terjadi beberapa kali sejak Jumat (8/10) sore. Bahkan hingga Sabtu (9/10) sore akun tersebut masih dinonaktifkan untuk pengamanan lebih lanjut.

Gibran Rakabuming Raka juga sudah menginstruksikan stafnya untuk melakukan penguatan password atau kata kunci dengan cara sering mengubahnya. "Itu emailnya juga diubah saja sekalian," katanya.

Meski demikian, Gibran belum berniat untuk melaporkan kejadian itu kepada pihak kepolisian. Dia menilai kejadian itu tidak perlu disikapi berlebihan.

"Ngopo dilaporke polisi (kenapa dilaporkan polisi). Biasalah, nanti sehari, 2 hari sudah balik lagi," ucap Gibran seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, tepatnya pada Jumat (8/10) pukul 16.29 WIB akun resmi milik Pemkot Surakarta diretas oknum tidak bertanggung jawab. Gibran mengatakan email dari akun itu diganti sehingga admin resmi tidak dapat login.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut," katanya.

Selama tidak dapat diakses admin resmi, sejumlah video meme tampak diunggah di akun itu. Hingga saat ini akun itu belum dapat diakses karena sedang dalam pengamanan. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini