Akhir Agustus, enam patung Presiden RI siap dipamerkan

Minggu, 24 Agustus 2014 16:37 Reporter : Kresna
Akhir Agustus, enam patung Presiden RI siap dipamerkan Patung enam presiden. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Enam patung Presiden RI yang dipesan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Yusman, pematung asal Yogyakarta tengah memasuki tahap penyelesaian. Rencananya, enam patung tersebut selesai pada akhir Agustus.

Meski demikian, mengatakan bahwa baru tiga patung yang sudah siap cetak yaitu Soekarno, Gusdur, dan BJ Habibie. Tiga patung lain, SBY, Soeharto, dan Megawati masih dalam tahap penyelesaian.

Dari tiga patung yang belum selesai 100% tersebut Yusman mempunyai sejumlah kendala. Kendala pertama ada pada patung Soeharto. Yusmanmasih merasa kurang puas pada patung Presiden RI ke-2, Soeharto.

"Rencananya akhir Agustus selesai. Untuk patung Soeharto, memang saya kurang puas. Tapi secara fisik sudah disetujui sama pihak keluarga yang sudah dua kali datang," terang Yusman, Minggu (24/08).

Sedangkan kendala kedua adalah pada patung Megawati Soekarno Putri. Hingga kini, ujarnya, pihak keluarga Megawati belum ada yang mendatanginya untuk melakukan pengecekan.

"Untuk Soeharto pihak keluarga sudah dua kali datang, tapi dari Ibu Mega, belum ada yang ke sini untuk mengecek kemiripan fisiknya," tambahnya.

Patung yang dibuat Yusman diakuinya dibuat semirip mungkin. Dari Gestur sampai bentuk fisik diamati betul olehnya.

"Gusdur dengan gaya senyumnya yang khas dan Soekarno dengan gaya waktu membakar semangat warga kala membebaskan Irian Barat," terangnya. [has]

Topik berita Terkait:
  1. Karya Seni
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini