Akar masalah belum tercabut, Desmond sebut bakal muncul Santoso baru

Selasa, 19 Juli 2016 12:44 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Akar masalah belum tercabut, Desmond sebut bakal muncul Santoso baru Santoso makan Anoa. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Komisi III Desmond Junaidi Mahesa menilai aksi baku tembak yang dilakukan Satgas Tinombala dan menewaskan dua orang, di mana satu antaranya diduga Pimpinan Mujahid Indonesia Timur (MIT) Santoso belum menyelesaikan masalah terorisme di Indonesia.

"Pertanyaannya, apakah dengan tertembaknya Santoso, teroris di negeri kita selesai atau tidak. Saya lihat tidak selesai juga, karena akan muncul Santoso Santoso lain," kata Desmond di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/7).

Dia menilai kemunculan kelompok teroris lain disebabkan oleh dua faktor. Pertama, karena menyebarnya paham radikal di Tanah Air. Dan bisa disebabkan karena ketidakpuasan terhadap tatanan kehidupan di Indonesia.

"Munculnya Santoso Santoso lain karena ada dua hal, yakni paham radikal dan ketidakpuasan. Dengan ketidakpuasan dalam kehidupan dan buat orang pragmatis," tegasnya.

Agar masalah terorisme dapat diatasi, Desmond berharap penanganannya berlandaskan Hak Asasi Manusia (HAM), dan mendahulukan upaya-upaya preventif serta persuasif.

"Penanganan teroris harus dalam konteks memperhatikan HAM, teroris harus ditangani dengan persuasif, berdasarkan kriminal justice system, jangan main klaim," pungkasnya. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini