Ajukan banding, 3 anggota Kopassus dapat tepuk tangan

Kamis, 5 September 2013 15:33 Reporter : Ya'cob Billiocta
Ajukan banding, 3 anggota Kopassus dapat tepuk tangan Sidang kasus Lapas Cebongan. ©2013 Merdeka.com/parwito

Merdeka.com - Tiga anggota Kopassus terdakwa kasus penembakan tahanan titipan di Lapas Cebongan, Serda Ucok Tigor Simbolon, Serda Sugeng Sumaryanto, dan Koptu Kodik langsung mengajukan banding setelah divonis masing-masing 11 tahun, 8 tahun, dan 6 tahun.

"Kepada para terdakwa silakan berkonsultasi dulu dengan penasihat hukumnya dulu," kata ketua majelis hakim Letkol CHK Joko Sasmito, di Pengadilan Militer Yogyakarta, Kamis (5/9).

Setelah berkonsultasi dengan tim penasihat hukumnya, Serda Ucok yang mewakili kedua rekannya menyatakan banding. "Kami bertiga menggunakan hak kami untuk menyatakan banding," ujar Ucok.

Tepuk tangan pun membahana dari para pengunjung sidang. "Banding, banding, banding," teriak pengunjung.

Ketua majelis hakim pun meminta tanggapan dari tim oditur militer.

"Kami menyatakan pikir-pikir dulu," kata tim oditur yang diketuai Letkol Budiharto.

Sebelumnya, majelis hakim menyatakan tiga terdakwa terbukti bersalah melakukan pembunuhan berencana.

"Terbukti melakukan tindak pidana melakukan pembunuhan secara bersama-sama. Memidana para terdakwa dengan terdakwa satu (Serda Ucok), pada pokok pidana selama 11 tahun, pidana tambahan dipecat dari dinas militer," kata Majelis Hakim dengan Ketua Letkol CHK Joko Sasmito di ruang utama Pengadilan Militer, Yogyakarta, Kamis (5/9).

Selain itu, Serda Sugeng dijatuhi hukuman penjara delapan tahun, dan dipecat dari dinas militer. Kemudian Koptu Kodik dipidana penjara enam tahun, dan dipecat dari dinas militer.

Dalam tuntutan sebelumnya, Tim Oditur Militer II-11 Yogyakarta menuntut Sersan Dua Ucok Tigor Simbolon, eksekutor penembakan empat tahanan dengan penjara 12 tahun serta pemecatan dari satuan militer. Sedangkan Sersan Dua Sugeng Sumaryanto dituntut 10 tahun penjara dan Kopral Satu Kodik 8 tahun penjara. Keduanya juga dituntut dipecat dari satuannya.

Sementara kelima terdakwa lain yang disidang dalam berkas berbeda yakni Sertu Tri Juanto, Sertu Anjar Rahmanto, Sertu Martinus Roberto, Sertu Suprapto, dan Sertu Hermawan Siswoyo divonis 1 tahun 9 bulan penjara.

"Para terdakwa ini terbukti membantu pembunuhan berencana," kata Majelis Hakim Letkol CHK Faridah, Kamis (5/9).

Hukuman terhadap lima terdakwa ini lebih ringan satu bulan dari tuntutan Tim Oditur Militer II-11 Yogyakarta. Kelimanya sebelumnya dituntut dua tahun penjara. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sidang Kasus Cebongan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini