Airlangga Klaim Penanganan Covid-19 di Indonesia Lebih Terkendali

Kamis, 22 Oktober 2020 15:02 Reporter : Supriatin
Airlangga Klaim Penanganan Covid-19 di Indonesia Lebih Terkendali Ketua Tim Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) Menko Perekonomian Airlangga H. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto, mengklaim penanganan Covid-19 di Indonesia lebih terkendali. Hal ini ditandai dengan fatality rate atau tingkat kematian akibat Covid-19 berada pada angka 3,45 persen.

"Sehingga angka 3,45 (persen) ini relatif dibandingkan negara lain. Kita juga lebih dalam tanda petik terkendali," ujarnya dalam talk show Keseimbangan Baru Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Kamis(22/10).

Tak hanya penanganan, dampak ekonomi akibat Covid-19 di Indonesia juga terbilang kecil. Airlangga menyebut, kontraksi ekonomi RI hanya minus 5,7 persen. Posisi Indonesia, kata dia, hanya berada di bawah Cina, Taiwan, Korea Selatan dan Lituania.

"Penanganan Covid-19 di kita ini dua hal yang balance. Yaitu penanganan Covid-19 dan kontraksi tidak terlalu dalam," ucap dia.

2 dari 2 halaman

Tekan Angka Fatality Rate

Meski penanganan Covid-19 sudah terkendali, Airlangga memastikan pemerintah akan terus menekan fatality rate Covid-19. Caranya dengan melakukan vaksinasi kepada kelompok masyarakat yang rentan terhadap Covid-19.

Ada tiga kelompok yang menjadi prioritas vaksinasi Covid-19. Pertama, tenaga kesehatan seperti perawat dan dokter. Kedua, aparat penegak hukum. Ketiga, masyarakat dengan komorbid atau penyakit penyerta.

"Vaksin ini menjadi prioritas pemerintah karena penggunaan vaksin ini bisa menghentikan pandemi covid dan juga membantu kepercayaan publik untuk pemulihan ekonomi," tutupnya. [eko]

Baca juga:
Menko Airlangga Prediksi Uji Klinis Vaksin Sinovac di Bandung Rampung Desember 2020
Sterilisasi Covid-19, Gedung DPR Ditutup Selama Dua Hari
Doni Monardo Sebut Testing Covid-19 di RI Nyaris Capai Target WHO

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini