Airlangga Dorong Kampus Percepat Pengembangan Vaksin

Jumat, 30 Juli 2021 20:40 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Airlangga Dorong Kampus Percepat Pengembangan Vaksin Sentra vaksinasi Covid-19 di Jakarta. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan pentingnya produksi vaksin di dalam negeri. Karena itu, pemerintah mendukung dan mendorong upaya pengembangan vaksin. Termasuk yang sedang dilakukan Universitas Airlangga Surabaya.

"Saya mengingat bahwa kita perlu mempunyai kemampuan untuk memproduksi vaksin. Pemerintah berharap vaksin yang diinisiasi Universitas Airlangga ini bisa dipercepat," ujar dia dalam Penyampaian Rekomendasi Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Jumat (30/7).

Airlangga berharap, Indonesia dapat mengurangi ketergantungan terhadap vaksin luar negeri. Apalagi sekarang negara-negara produsen vaksin mengutamakan penggunaan dalam negeri.

"Bahkan terjadi vaksin geopolitik. Untuk ke China harus menggunakan vaksin China untuk ke negara lain misalnya ke Eropa harus menggunakan vaksin Eropa," ujar dia.

"Sehingga tangan kita mungkin mesti disuntik lebih dari dua kali tergantung mau pergi ke mana," imbuh dia.

Selain mendorong riset dan pengembangan vaksin dalam negeri, pemerintah juga mendorong agar vaksin masuk dalam kategori public goods.

"Kemudian kita meminta agar vaksin ini menjadi public goods bisa diproduksi siapa saja. Pemerintah terus mencari kesempatan agar kita bisa memproduksi vaksin," tandas dia. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini