Air Sungai Ciberes Meluap, Tujuh Desa di Cirebon Kebanjiran

Rabu, 1 Mei 2019 11:26 Reporter : Henny Rachma Sari
Air Sungai Ciberes Meluap, Tujuh Desa di Cirebon Kebanjiran Warga dan petugas PPSU bersihkan lumpur sisa banjir. ©2019 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Akibat curah hujan yang tinggi, tujuh desa di Kecamatan Waled dan Gebang, di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat terendam banjir. Air berasal meluapnya Sungai Ciberes.

"Untuk sementara ada tujuh desa yang terendam banjir diakibatkan meluapnya Sungai Ciberes," kata Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cirebon Eman Sulaeman di Cirebion, Rabu (1/5).

Menurut Eman banjir terjadi pada Selasa (30/4) sekitar jam 23.00 merendam empat desa di Kecamatan Waled yang merupakan daerah hulu sungai yaitu Desa Karangsari, Mekarsari, Gunungsari dan Waled, namun saat ini air sudah surut.

"Air masuk ke pemukiman sekitar jam 23.00, namun pagi tadi sudah mulai surut," ujarnya.

Eman menambahkan untuk banjir yang terjadi di Kecamatan Gebang itu merupakan banjir kiriman dari Kecamatan Waled, karena memang Gebang berapa di hilir sungai di daerah pesisir Pantura Jawa.

Tiga desa yang berada di Kecamatan Gebang, terkena banjir kiriman yaitu Desa Gebangudik, Gebangilir dan Gebangmekar.

"Kalau di Gebang karena kiriman dan juga diperparah adanya air rob," tuturnya.

Akibat banjir yang melanda dua kecamatan itu membuat ribuan rumah penduduk tergenang air, mulai dari 30-70 centimeter. Seperti diberitakan Antara. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. Banjir
  2. Cirebon
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini