KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Ahok usul KPAI dan beberapa komisi lain dibubarkan

Rabu, 20 November 2013 15:30 Reporter : Saugy Riyandi
ahok dan anak-anak tk. ©2013 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok ) pernah mengusulkan agar komisi-komisi yang berkembang biak di Indonesia dibubarkan. Usulan tersebut diutarakan pada saat masih menjabat sebagai anggota DPR RI.

"Di Indonesia pascareformasi harusnya banyak komisi-komisi dibubarin. Cuma buang uang negara," ujar Ahok di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu (20/11).

Ahok mengatakan, maraknya pembentukan komisi terjadi saat peralihan dari Orde Baru masuk ke orde reformasi. Pasalnya, pada saat itu, mayoritas publik tidak percaya institusi negara bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.

Namun, Ahok menilai banyak komisi yang tidak berkompeten di bidangnya, sehingga layak dievaluasi dan dibubarkan. "Saat ini juga setelah negara membaik, tidak butuh komisi lagi," kata Ahok .

Ahok pun mencontohkan beberapa komisi yang menurutnya patut dievaluasi, seperti Komisi Penanggulangan AIDS, Komisi Hukum Nasional. Menurut dia, kedua komisi tersebut tidak diperlukan lagi.

"Komisi penanggulangan AIDS, yang kerja juga di puskesmas-puskesmas. Kemudian Komisi Hukum Nasional. Untuk apa komisi itu lagi?" kata mantan anggota Komisi II DPR ini.

Bahkan, politisi Partai Gerindra ini juga mencontohkan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang perlu dievaluasi. Menurut Ahok , saat ini KPAI tidak mengerti Undang-Undang.

"Contoh ada pasal di Undang-Undang Pendidikan. Si siswa juga wajib mentaati peraturan. Siswa juga harus dapat hak didik. Itu benar, tapi kalau hak tidak dipakai untuk sekolah dan tertib, maka ada hukuman. Bayangkan komisi tidak mengerti UU. Cuma tidak bisa bubar kan ada di dalam UU, mesti lapor DPR," pungkas dia. [ren]

Topik berita Terkait:
  1. Ahok
  2. KPAI

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.