Ahok Tak Pernah Ambil Haknya Selama di Penjara

Kamis, 24 Januari 2019 10:28 Reporter : Ronald
Ahok Tak Pernah Ambil Haknya Selama di Penjara Kalapas Cipinang Konpres Pembebasan Ahok. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Kalapas Cipinang Kelas I R Andika Dwi Prasetyo mengungkapkan, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, berperilaku baik selama mendekam di Rutan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat. Hal ini berdasarkan laporan yang diterimanya secara periodik.

"Ya pasti kan ada catatan. Kita sifatnya monitoring secara periodik, setiap Minggu, setiap bulan, tri wulan," katanya di Gedung Lembaga Pemasyarakatan Klas I Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (24/1).

Dalam hal ini, Andika mengakui kalau dirinya baru bertemu penghuni lapas yang enggan mengambil jatah pembebasan bersyarat dan cuti jelang bebas.

"Satu hal yang menurut pengalaman kami luar biasa, belum pernah saya temui narapidana tidak mengambil haknya, seperti pembebasan bersyarat. Cuti menjelang bebas. Baru ketemu ini saya seumur saya menjadi petugas pemasyarakatan. Tentu luar biasa. Pastinya beliau figur pemimpin. Menampilkan sifat kepemimpinan yang kami lihat dan monitor selama menjalani tahap pemidanaan," bebernya.

"(Alasanya kaga ambil?) Nggak tahu. Kita nggak bisa menggali dong. 'Gua nggak mau' kata beliau, " sambungnya.

Bahkan, kata Andika, sebelum bebas ia sempat meminta maaf kepada seluruh petugas Lapas Cipinang.

"(Ucapan terimakasih?) Pasti. Beliau (Ahok) sebagai orang yang santun menyampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf kepada petugas ketika dia ada khilaf dan salah," pungkasnya.

Diketahui, Ahok divonis dua tahun penjara karena kasus penistaan agama pada 9 Mei 2017 lalu. Mulai 24 Januari 2019, Ahok resmi bebas murni dari Lapas Cipinang cabang Mako Brimob. [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini