Ahli Kandungan: Covid-19 Tidak Bisa Menular ke Bayi Dalam Kandungan

Rabu, 22 April 2020 20:26 Reporter : Bachtiarudin Alam
Ahli Kandungan: Covid-19 Tidak Bisa Menular ke Bayi Dalam Kandungan ilustrasi corona. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Covid-19 yang memiliki daya penyebaran sangat cepat, mulai dari yang tua hingga muda bisa terpapar oleh virus tersebut. Tetapi, belum ada kasus virus corona yang menjangkit bayi di dalam kandungan.

"Dari banyak penelitian, Covid-19 tidak bisa menular melalui cairan ketuban, darah tali pusat, maupun ASI yang diberikan," ujar dr. Putra Ismaya Abral ahli spesialis kebidanan kandungan saat dihubungi merdeka.com, Selasa (22/4).

Dia menjelaskan bahwa penularan Covid-19 sampai saat ini baru bisa ditularkan melalui droplet (cairan yang berasal dari sistem pernafasan). Sedangkan, dalam beberapa kasus menularkan lewat airborne atau lewat udara.

Selain itu, Putra menambahkan bahwa bayi dalam kandungan masih dilindungi oleh barier plasenta yang bisa melindungi bayi dari beberapa penyakit termasuk virus Covid-19.

"Jadi masih aman. Ada satu kasus bayi berusia 36 jam dan terinfeksi COVID 19, tapi penyebabnya sampai saat ini masih diteliti oleh ilmuwan," ujarnya.

Kemudian, dia juga menyarankan bagi para ibu untuk melindungi bayinya, lebih baik tidak memberikan ASI langsung maupun perah. Karena resiko penularan lewat droplet maupun tempat penampungan ASI.

"Semisal ibu dengan positif Covid-19 disarankan pemberian ASI donor dengan yang belum terjangkit atau jikapun terpaksa bisa diberikan susu formula," terang Putra.

"Kepada para ibu tetap jaga pola hidup sehat seperti minum air putih yang cukup, makan makanan bergizi seimbang. Olahraga pernafasan ringan pada usia kehamilan TM3, minum suplemen dan obat obatan yang diberikan oleh dokter yang merawat," sambungnya. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini