Aher imbau pemudik tak nekat naik sepeda motor

Kamis, 30 Juni 2016 14:00 Reporter : Andrian Salam Wiyono
Aher imbau pemudik tak nekat naik sepeda motor Simpang Jomin. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan, angka kecelakaan setiap tahun pada musim mudik dan balik kerap didominasi sepeda motor. Dia mengimbau pengguna sepeda motor beralih ke kendaraan umum relatif lebih aman.

Hal itu disampaikan Aher, sapaan karib Ahmad Heryawan, usai mengikuti apel Gelar Pasukan Pengamanan Mudik dan Balik 2016, di Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Kamis (30/6).

"Kecelakaan selalu didominasi roda dua. Hindari pulang pakai roda dua. Atau urungkan saja. Karena kan kendaraannya, bodinya langsung badan kita sendiri. Sehingga kalau ada goncangan tidak stabil," kata Aher.

Data kasus kecelakaan pada musim mudik tahun lalu di Jabar tercatat ada 3.048 kasus, yang didominasi sepeda motor.

Dari jumlah itu secara rinci tercatat 600 orang meninggal dunia, seratus orang mengalami luka berat, sedangkan luka ringan mencapai 3 ribu orang.

Pemprov Jabar pun sudah melakukan berbagai upaya agar pemudik bisa ikut fasilitas mudik gratis. Kemarin mereka melepas ribuan pemudik menggunakan bus.

"Kita koordinasi dengan Polda Metro Jaya, sehingga pemilik kendaraan roda dua dibuat tata cara di mana dikirim dulu motornya. Masyarakat kita fasilitasi mudik bareng yang diselenggarakan Pemda maupun swasta. Mudah-mudahan itu antisipasi," ujar Aher.

Dishub Jabar memperkirakan pemudik menggunakan sepeda motor akan meningkat sampai 51 persen. Dari data tersebut, kemungkinan ada 4.604.475 orang dalam arus mudik dan 4.146.164 orang saat arus balik.

"Ini yang perlu diantisipasi lonjakan kendaraan roda dua, itu kan pakai jalur lama, tapi Insya Allah semua petugas dan Polri, TNI, stakeholder akan berjaga ekstra untuk mengawasi pemudik roda dua di Pantura Jabar," tutup Aher. [ary]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Mudik Lebaran 2016
  3. Bandung
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini