Agar Menarik Pemilih, TPS Lapas Sidoarjo Didesain Klub Sepak Bola Arema dan Persebaya

Rabu, 17 April 2019 14:55 Reporter : Erwin Yohanes
Agar Menarik Pemilih, TPS Lapas Sidoarjo Didesain Klub Sepak Bola Arema dan Persebaya TPS nuansa sepak bola. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Untuk menarik pemilih agar menggunakan hak suaranya dalam Pemilu 2019 ini, Lapas Sidoarjo membuat tempat pemungutan suara (TPS) dengan tema sepak bola. Uniknya, tema tersebut justru mengadopsi musuh bebuyutan.

Bukan persoalan musuh bebuyutannya yang ditonjolkan, namun TPS Lapas Sidoarjo ini justru mengedepankan perdamaian, meski di lapangan adalah musuh bebuyutan.

Tema sepak bola ini mengambil nuansa klub sepak bola dari Arema dan Persebaya. Kedua klub tersebut, diketahui merupakan seteru di lapangan sepak bola. Namun, pada perhelatan Piala Presiden 2019 lalu, kedua klub yang bertemu di lapangan itu, justru sukses menampilkan permainan cantik dan berakhir dengan damai.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati yang melakukan peninjauan dan menyalurkan hak pilihnya di TPS 51 Lapas Sidoarjo ini, mengaku senang dengan suasana yang ditampilkan para petugas panitia pemungutan suara, utamanya mereka yang memakai jersey klub sepak bola.

"Alhamdulillah saya senang dengan suasana ini, sekaligus sudah menunaikan kewajiban sebagai warga negara. Karena termasuk pemilih pindahan, saya mendapatkan kesempatan untuk mencoblos surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden," ujarnya, Rabu (17/4).

Susy yang didampingi oleh Kabag Umum Dewi Atmi Listyorini, mengaku senang dengan inovasi Lapas Sidoarjo. Menurutnya, inovasi ini bisa membuat pemilih menjadi lebih nyaman dan bersemangat menyalurkan suaranya.

Sementara itu, Kalapas Sidoarjo Muhammad Susanni mengungkapkan, pihaknya terinspirasi pertandingan Persebaya Vs Arema yang berjalan kondusif beberapa waktu lalu. Sehingga, suasana sepak bola pun ditampilkan di dalam TPS di Lapas Sidoarjo.

Menurutnya, pesan perdamaian yang ada di derby Jatim itu ingin ditularkan ke dalam Lapas. "Semoga Lapas Sidoarjo bisa mengambil hikmah sehingga Pemilu berjalan aman dan lancar," terangnya. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Pemilu 2019
  2. Pilpres 2019
  3. Sidoarjo
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini