Agar masyarakat produktif Pemkot Bandung bangun kampung kreatif

Sabtu, 21 November 2015 20:43 Reporter : Pangeran Aditya Perkasa
Agar masyarakat produktif Pemkot Bandung bangun kampung kreatif Peresmian kampung kreatif. ©2015 Merdeka.com/ Pangeran Aditya Perkasa

Merdeka.com - Sebanyak 10 kecamatan telah diresmikan sebagai kampung kreatif yang menonjolkan berbagai keunggulan lewat seni maupun budaya. Dengan begitu, diharapkan kecamatan tersebut bisa ikut memajukan dunia pariwisata di Kota Bandung.

Kasie Pengembangan Budaya dan Wisata, Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Sri Susiagawati mengatakan, setiap kecamatan memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Bahkan, katanya, ada pula yang memiliki keunggulan lewat situs dan cagar budaya.

Ke-10 kampung kreatif yang telah diresmikan adalah, Bandung Kulon, Cidadap, Gedebage, Bandung Kidul, Mandala Jati, Babakan Ciparay, Cibeunying Kaler, Astana Anyar, Kiaracondong, serta Sumur Bandung.

"Kampung wisata kreatif ini juga untuk mengundang turis yang datang ke Bandung. Karena di Kota Bandung sendiri tidak memiliki wisata alam, jadi menciptakan kampung kreatif," kata Wati di Sanggar Seni Budaya Eco Bambu Cipaku, Sabtu (21/11).

Kampung wisata kreatif di Kota Bandung di setiap kecamatan bentuknya tematik. Keunggulan keunikan di setiap kecamatan, kuliner, kerajinan, ada seni budaya. Ada pula kecamatan situs dan cagar budaya.

Ke depannya setiap kecamatan yang ada di Kota Bandung diwajibkan untuk memiliki kampung kreatif. Dia pun telah menargetkan akan meresmikan lima kampung kreatif setiap tahun.

"Sampai 2018, Kota Bandung harus memiliki kampung wisata kreatif per kecamatan. Setiap tahun ada lima sejak dari tahun 2013, sekarang sudah ada 15 titik. Masyarakat sekitar mereka punya potensi mengangkat kreativitasnya, nanti obsesinya adalah tujuan wisata dan pengembangan kreativitas," jelasnya.

Dengan adanya keunggulan tersebut, menurut Wati, adalah kewajiban pemerintah untuk memberikan dukungan kepada masyarakat dengan menyokong fasilitas dan promosi.

"Kita dari pemerintah memberikan suport dari segi event memfasilitasi dan promosi. Melihat dari fungsi pemerintah ada tiga, yaitu motivasi, regulasi, dan fasilitas. Bagaimana mengatur masyarakat apa yang boleh dilakukan apa yang tidak," ujarnya. [frh]

Topik berita Terkait:
  1. Merdeka Bandung
  2. Bandung
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini