Ade Yasin Pastikan Pemkab Bogor Tidak Ada Alokasi Khusus Bansos Tahun 2022

Minggu, 1 Agustus 2021 18:54 Reporter : Rasyid Ali
Ade Yasin Pastikan Pemkab Bogor Tidak Ada Alokasi Khusus Bansos Tahun 2022 Bupati Bogor, Ade Yasin. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Bupati Bogor, Ade Yasin memastikan tidak akan menganggarkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat tahun 2022. Menurutnya bansos dari pemerintah pusat dan Pemprov Jawa Barat sudah cukup.

"Tapi kita siapkan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT), seperti untuk bencana alam dan lainnya. Termasuk untuk bansos jika memang dibutuhkan tahun depan," kata Ade Yasin, Minggu (1/8).

Kata dia, tahun ini pun Pemkab Bogor secara perlahan mendistribusikan bantuan natura kepada masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat positif Covid-19.

"Iya tahun ini kita sebut bansos tidak terencana. Itu juga diambil dari BTT. Jadi kemungkinan tahun depan skemanya masih sama. Jadi untuk alokasi khusus bansos untuk tahun depan belum ada," tegas Ade.

Ade beralasan, Pemkab Bogor tidak menyiapkan alokasi khusus bansos, pasalnya pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyiapkan anggaran dan Pemprov Jabar pun setali tiga uang.

"Jadi kalau ke bansos semua, nanti sektor lain tidak kebagian. Jangan tergantung pada bansos. Kan sudah ada dari pusat dan provinsi. Kalau semua ke bansos yang lain tidak terakomodir," kata Ade.

Ade mengakui, Pemkab Bogor yang memiliki program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) dirasa bisa membantu masyarakat, yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi yang tak kunjung berkesudahan.

"Samisade itu semangatnya pada karya. Jadi uang dikelola desa untuk membangun infrastruktur tapi dikerjakan oleh masyarakat. Nanti mereka dibayar pakai samisade," kata politisi PPP itu.

Namun di sisi lain, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto berharap Pemkab Bogor menganggarkan bansos bahkan dimulai dari APBD Perubahan 2021. Kata dia, saat ini masyarakat banyak yang membutuhkan bantuan.

"Kita tidak tahu sampai kapan pandemi ini berakhir. Tapi masyarakat lah yang paling terdampak. Ada yang kehilangan pekerjaan dan yang tidak bisa bekerja karena sejumlah pembatasan. Jadi harus ada bantuan pemerintah. Tidak hanya pemerintah, teman-teman yang memiliki kelebihan juga agar ikut membantu," katanya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bansos Corona
  3. Bansos Tunai
  4. Bogor
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini