Ade Armando beberkan survei SMRC sikap masyarakat Indonesia soal LGBT

Kamis, 25 Januari 2018 13:10 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Ade Armando beberkan survei SMRC sikap masyarakat Indonesia soal LGBT Diskusi LGBT. ©2018 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan survei untuk menggali sikap masyarakat tentang Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) di Indonesia. Hasilnya, sekitar 57,7 persen masyarakat menilai kalangan LGBT punya hak hidup di Indonesia.

"Dalam penelitian kami pada Maret 2016, mayoritas warga menganggap LGBT sekitar 57,7 persen punya hak hidup di Indonesia. Dan sekitar 41,1 persen menilai LGBT tidak punya hak hidup di Indonesia," kata Direktur Media SMRC, Ade Armado di Kantor SMRC, Jakarta Pusat, Kamis (25/1).

Selanjutnya, sekitar 50 persen warga yang mengetahui LGBT menilai seharusnya pemerintah wajib melindungi. Dan sekitar 48,8 persen warga menilai bahwa tidak perlu kaum LGBT dilindungi pemerintah.

"Sekitar 50 persen warga yang tahu LGBT berpendapat bahwa pemerintah wajib melindungi LGBT sebagai warga negara seperti halnya warga negara yang lain," tambah Ade yang juga dosen Universitas Indonesia.

Banyak masyarakat juga merasa sangat terancam dengan kehadiran LGBT di lingkungan mereka.

"Terlihat sekitar 41,4 persen masyarakat merasa sangat terancam dan 9,4 persen tidak terancam dengan adanya LGBT," kata Ade.

Walaupun terlihat bahwa masyarakat merasa terancam. Tetapi publik juga tidak mendiskriminasi LGBT. Menurut Ade sekitar 57,7 persen warga beranggapan LGBT berhak hidup di Indonesia.

Kemudian, sekitar 45 persen warga menyatakan bersedia menerima jika ada LGBT dalam keluarga mereka. Namun jumlah yang tidak bisa menerima lebih banyak.

"Jumlah yang tidak bisa menerima dalam keluarganya terdapat 53,3 persen," ungkap Ade.

Survei soal penilaian publik nasional tentang LGBT di Indonesia dilakukan tiga kali yaitu 22-30 Maret 2016, 3-10 September 2017, dan 7-13 Desember 2017. Dengan jumlah sample sebanyak 1220 responden pasa masing-masing survei. Sementara, survei ini memiliki Magin of error tiap survei rata-rata +/- 3,2% pada tingkat kepercayaan 95 persen. [ian]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini