Ada yang Gagas Bekasi Jadi Jakarta Tenggara

Jumat, 16 Agustus 2019 14:54 Reporter : Adi Nugroho
Ada yang Gagas Bekasi Jadi Jakarta Tenggara Kantor Wali Kota Bekasi. ©2016 merdeka.com/adi nugroho

Merdeka.com - Isu Kota Bekasi bakal ditarik menjadi bagian dari Jakarta, kembali bergulir. Jika menjadi bagian dari DKI, maka nama kota ini diusulkan berubah menjadi Jakarta Tenggara. Isu itu diamini Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.

"Ada yang gagas jadi Jakarta Tenggara," kata Rahmat Effendi ditemui wartawan usai sidang Paripurna Istimewa HUT RI ke-74 di Gedung DPRD Kota Bekasi, Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur, Jumat (16/8).

Menurut Rahmat, secara kultur dan budaya tak ada bedanya antara Kota Bekasi dan DKI Jakarta. Administrasi hukum sekarang juga menjadi bagian dari Jakarta. Contohnya Polres Metro Bekasi Kota yang menginduk ke Polda Metro Jaya dan Komando Distrik Militer 0507 Bekasi bagian dari Kodam Jaya.

Rahmat mengatakan, Kota Bekasi lebih cocok menjadi bagian dari DKI Jakarta menyusul adanya ide dari Bupati Bogor Ade Yasin dan Wali Kota Bogor Bima Arya yang menggagas Provinsi Bogor Raya yang mencakup wilayah Bogor hingga Bekasi.

"Mungkin Bekasi itu lebih identik dengan Jakarta. Kota Bekasi karena secara kultur, secara budaya, dan mungkin kalau percepatan pembangunan DKI kan besar," kata Rahmat.

Tapi, bergabung menjadi bagian dari Jakarta perlu kebijakan politik. Menurut dia, pemekaran Kota Bekasi dari Kabupaten Bekasi pada tahun 1998 juga bagian dari keputusan politik.

"Kalau politiknya setuju dan jalan ya berubah. Keputusan mengubah UU ada di DPR RI, itu keputusan politik," kata dia. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Bekasi
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini