Ada utusan pemerintah di kampanye Donald Trump, ini kata seskab

Senin, 7 September 2015 17:10 Reporter : Muhammad Sholeh
Ada utusan pemerintah di kampanye Donald Trump, ini kata seskab Setya Novanto dan Fadli Zon hadiri kampanye Capres Amerika. ©2015 AFP PHOTO

Merdeka.com - Kehadiran Ketua DPR Setya Novanto dkk dalam kampanye salah satu capres Amerika Serikat Donald Trump menuai polemik. Selain pimpinan DPR, dalam acara itu juga terlihat Eddy Pratomo yang disebut sebagai utusan pemerintah.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menegaskan, kehadiran Eddy dalam kampanye Donald Trump bukan sebagai utusan pemerintah. Tetapi kehadirannya lebih bersifat personal.

"Jadi, Eddy Pratomo hadir sebagai pribadi, bukan sebagai utusan khusus. Karena beliau adalah utusan khusus masalah garis perbatasan," kata Pramono di Istana, Jakarta, Senin (7/9).

Pramono menjelaskan, Eddy mengajukan anggaran kepada pemerintah untuk pergi ke Amerika Serikat membahas masalah perbatasan. Namun, anggaran tersebut belum disetujui oleh Pramono.

"Dan kebetulan ketika beliau mengajukan anggaran kepada kami, saya pada waktu itu belum menyetujui. Sehingga pasti pada saat itu berangkat tidak pakai anggaran negara. Pakai anggaran siapa, saya enggak tahu," jelasnya.

Secara terpisah, Kepala Staf Presiden Teten Masduki membantah kalau kedatangan Eddy sebagai utusan presiden. Teten mengakui kalau ‎utusan khusus presiden itu pergi ke AS untuk memberi nasihat kepada delegasi DPR soal batas wilayah Indonesia-Malaysia.

"Itu bisa dipastikan urusan pribadi. Itu (sebagai utusan Presiden) kan masalah Malaysia, enggak ada urusan dengan Donald Trump," kata Teten.

Dia pun menegaskan kalau pihak Istana tidak pernah mengutus Eddy untuk ikut bersama para pimpinan dewan bertemu dengan Donald Trump.

"Bahwa memang tidak ada pembiayaan dari pemerintah untuk perjalanan bersangkutan. Jadi sudah lah, enggak usah dipermasalahkan, itu bukan urusan pemerintah, itu urusan pribadi," tegas Teten. ‎ [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini