Hot Issue

Ada Politisi NasDem di Antara Djoko Tjandra-Jaksa Pinangki

Kamis, 3 September 2020 10:41 Reporter : Eko Prasetya
Ada Politisi NasDem di Antara Djoko Tjandra-Jaksa Pinangki Djoko Tjandra. ©ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Merdeka.com - Politisi Partai NasDem Andi Irfan Jaya (AI) ditetapkan sebagai tersangka baru dalam kasus suap jaksa Pinangki Sirna Malasari (PSM) dalam pusaran kasus Djoko Tjandra. Andi langsung ditahan di Rutan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Munculnya nama Andi pertama kali ketika Kejagung memeriksa politisi NasDem itu pada Senin (24/8). Direktur Penyidikan pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung telah melakukan pemeriksaan kepada teman dekat Jaksa Pinangki Sirna Malasari, Andi Irfan Jaya sebagai saksi. Pemeriksaan ini menyusul keterlibatan Jaksa Pinangki atas dugaan penerimaan suap dari Djoko Tjandra.

Diketahui bahwa pemeriksaan itu, berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor : Print-47/F.2/Fd,2/08/2020 yang telah melakukan pemeriksaan 1 orang terkait penyidikan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), terhadap Pegawai Negeri atau Penyelenggara yang Menerima Hadiah atau Janji atas nama Terperiksa Jaksa PSM, (Pinangki Sirna Malasari).

Hari menjelaskan sebenarnya pemeriksaan hari ini adalah pemeriksaan yang sempat tertunda, lantaran Andi Irfan sudah pernah dipanggil untuk memberikan keterangan pada Senin 10 Agustus pekan lalu. Namun yang bersangkutan berhalangan hadir karena sakit.

"Alasan sedang sakit sehingga pemeriksaan yang bersangkutan baru dapat dilakukan hari ini. Pemeriksaan saudara Andi Irfan Jaya terkait dengan peristiwa upaya hukum Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh Terpidana Djoko S Tjandra secara diam-diam," jelasnya.

"Pemeriksaan saksi dilakukan guna mencari serta mengumpulkan bukti yang dengan bukti itu membuat terang tentang tindak pidana yang terjadi. Dan guna menemukan tersangkanya, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam pasal 1 angka 2 KUHAP," lanjutnya.

Baca Selanjutnya: Uang Suap Diberikan Melalui Andi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini