Ada Kabar Pemindahan, Penampungan Pencari Suaka di Kalideres Dijaga Ketat

Rabu, 4 September 2019 11:46 Reporter : Ahda Bayhaqi
Ada Kabar Pemindahan, Penampungan Pencari Suaka di Kalideres Dijaga Ketat Penampungan Pencari Suaka di Eks Kodim Jakbar. ©2019 Merdeka.com/Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Para pencari suaka mondar mandir keluar masuk bekas gedung kodim, Jalan Kalideres, Jakarta Barat. Wajah-wajah asing itu menuju posko UNHCR yang didirikan tepat di seberang gedung bekas kodim yang menjadi penampungan sementara mereka.

Penjagaan cukup ketat. Empat sampai lima orang polisi berjaga di depan pintu gerbang. Dalam jumlah yang tidak jauh berbeda petugas Satpol PP turut berjaga. Yang mengepalai satu petugas keamanan berpakaian biru gelap dan satu sekuriti.

Merdeka.com mencoba masuk ke dalam gedung bekas kodim itu. Namun, kepala petugas keamanan yang tak mau menyebut namanya itu menolak kedatangan kami. Dia melarang orang yang tidak berkepentingan untuk masuk.

Kata petugas keamanan itu, tengah ada sosialisasi dengan para pencari suaka. Mereka akan dipindahkan ke tempat yang lain. Kata seorang petugas polisi bernama Saifudin, para pencari suaka ini akan dipindahkan ke beberapa tempat penampungan baru. Tidak lagi dalam satu tempat.

"Ada di Bogor, Asem Baris, Serpong," kata dia saat berbincang dengan merdeka.com di lokasi, Rabu (4/8).

Sekitar delapan minibus berwarna putih siap mengantar para pencari suaka ke tempat baru. Petugas UNHCR yang menggunakan jaket biru mondar-mandir mendata. Sementara di posko, petugas meyakinkan pencari suaka untuk pindah ke tempat baru.

Petugas satpol PP yang tak ingin namanya disebut, mengatakan pemindahan pencari suaka tersebut sudah dilakukan sejak tanggal 31 Agustus lalu. Namun, banyak yang tidak mau pindah. Alasannya beragam. Kata petugas ini, beberapa yang tidak ingin pindah karena beramai-ramai bersama keluarga. Sedangkan, orang yang datang sendiri tanpa kerabat mudah untuk pindah.

Sementara itu, para pantauan dari luar gedung, para pencari suaka menjalankan aktivitasnya. Tapi lebih tampak mereka menunggu nasib untuk dipindahkan. Pakaian masih berjemur. Bermacam tenda pun masih berdiri. Seperti tidak ada tanda-tanda kepastian mereka akan pindah. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. Pencari Suaka
  2. Imigran
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini