Ada car free night, Jumlah kecelakaan di Bandung menurun

Rabu, 2 Januari 2013 15:17 Reporter : Andrian Salam Wiyono
Bandung macet. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Kecelakaan lalulintas sepanjang malam pergantian tahun baru 2013 di Bandung mengalami penurunan. Salah satu faktornya, karena keberadaan car free night (CFN), di sepanjang jalan Juanda (Dago).

Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Yully Kurniawan mengatakan, pada malam pergantian tahun baru ada 5 kejadian kecelakaan yang melibatkan roda dua dan empat. Secara segi kualitas tingkat kecelakaan pun turun sangat signifikan.

"Ada 5 kecelakaan dengan melibatkan roda dua sebanyak tiga kejadian, dan kendaraan roda dua sebanyak dua kejadian," ungkapnya di Mapolrestabes Bandung, Rabu (2/1).

Itu pun, kata dia, tidak ada korban meninggal. Yang ada luka ringan dan kerugian secara material.

"Jadi kecelakaannya pun hanya terjadi senggolan tidak ada kecelakaan beradu dari depan, korban hanya luka ringan dan kendaraannya saja yang rusak," jelasnya.

Selain, keberadaan CFN, himbauan Polda Jabar tentang kendaraan bak terbuka untuk tidak disewakan dan digunakan untuk pawai tahun baru, itu menjadi salah satu penyebab kurangnya kecelakaan pada kali ini.

"Jadi tidak ada pawai dengan jumlah orang yang banyak. Karena itu rentan terjadi kecelakaan," ungkapnya.

Secara umum, perayaan pergantian tahun di Bandung cukup kondusif. Jika hasil evaluasi CFN dinyatakan sukses, malam tanpa kendaraan bermotor ini akan dilanjutkan pada tahun berikutnya. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini