Ada 5.000 Rumah Tidak Layak Huni di Rote Ndao, Pemkab Targetkan Perbaikan hingga 2024

Sabtu, 23 Oktober 2021 05:30 Reporter : Iqbal Fadil
Ada 5.000 Rumah Tidak Layak Huni di Rote Ndao, Pemkab Targetkan Perbaikan hingga 2024 Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus Saek. ©ANTARA/Kornelis Kaha

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, melaporkan saat ini ada sekitar 5.000 rumah tidak layak huni yang dimiliki oleh masyarakat kurang mampu di daerah paling selatan Indonesia itu.

"Kami sekarang di Kabupaten Rote Ndao tercatat ada 5.000 rumah tidak layak huni, dan kita sedang programkan untuk membuat rumah yang layak untuk ditempati," kata Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus Saek, di Kupang, Jumat (22/10), seperti dikutip dari Antara.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan upaya dari Pemda Rote Ndao dalam upaya menurunkan angka kemiskinan ekstrem di daerah itu yang kini mencapai 28.720 juta atau setara dengan 16,21 persen dari total jumlah penduduk di Rote Ndao yang mencapai 143 ribu jiwa.

Stefanus mengatakan bahwa perbaikan rumah tidak layak huni di kabupaten itu sudah masuk dalam program utama yang targetnya sampai dengan 2024 bisa dituntaskan.

"Jadi kami targetkan pada 2024 nanti Rote Ndao bebas dari rumah tidak layak huni," ujar dia.

Perbaikan rumah tidak layak huni itu, ujar dia merupakan upaya dari Pemda Rote Ndao mengentaskan kemiskinan di daerah itu yang kini jumlahnya kurang lebih mencapai 48.770 jiwa.

Ia pun mengatakan bahwa dengan adanya upaya atau dukungan pemerintah pusat untuk mengentaskan kemiskinan di daerah itu tentu saja ia optimis bahwa angka kemiskinan di daerah itu bisa berkurang.

Menurut dia Pemda Rote Nndao sendiri sudah mempunyai beberapa program untuk menurunkan angka kemiskinan ekstrem di daerah itu, salah satunya dengan program jangka pendek dan jangka panjang.

Untuk jangka pendek ujar dia akan diberikan bantuan-bantuan sosial untuk meringankan beban masyarakat. Sementara jangka panjang pemerintah setempat akan menciptakan program pemberdayaan masyarakat.

"Hal ini bertujuan agar mereka mempunyai kemampuan untuk mendapatkan pemasukan yang lebih baik," ujar dia. [bal]

Baca juga:
Pandemi Melandai, Demokrat Ingatkan Pemerintah Kemiskinan Meningkat Drastis
Pemerintah Kerja Keras Jaga Kesejahteraan Masyarakat Miskin dan Rentan
Wapres Minta NTT Perbaiki Data Warga Miskin Ekstrem pada 2022-2024
Wapres Sebut Instalasi Listrik di Kabupaten TTS untuk Atasi Kemiskinan Ekstrem
Wapres Minta Data Kemiskinan Ekstrem 2022-2024 Lebih Mutakhir dan Akurat

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kemiskinan
  3. Rote Ndao
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini