Abu Bakar Ba'asyir Hadiri Upacara Bendera HUT Kemerdekaan, Ini Respons BNPT

Kamis, 18 Agustus 2022 15:09 Reporter : Darmadi Sasongko
Abu Bakar Ba'asyir Hadiri Upacara Bendera HUT Kemerdekaan, Ini Respons BNPT Ustaz Abu Bakar Baasyir. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyambut positif kehadiran Abu Bakar Ba'asyir dalam upacara bendera hari ulang tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki. Hal itu dinilai sebagai perubahan besar dalam cara berpikir mantan terpidana terorisme itu.

"Artinya dari sisi penilaian kami, kami melihat adanya sebuah perubahan dalam cara berpikir beliau yang hari ini tentu memberikan hal yang sangat positif di mana beliau ikut di dalam perayaan Hari Proklamasi," kata Kepala BNPT Boy Rafli Amar di Kampus UB Malang, Kamis (18/8).

Ba'asyir hadir dalam upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan RI di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Solo, Rabu (17/8). Pendiri pesantren tersebut tampak duduk berjajar bersama para undangan mengikuti upacara.

"(Kehadiran itu) maknanya berarti beliau menghormati hari proklamasi Indonesia sebagai hasil perjuangan dari para leluhur, para pahlawan kusuma bangsa, yang tentu harus kita hormati, kita kenang sebagai peristiwa sejarah," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Pesan untuk Penerus Bangsa

Boy Rafly juga menyampaikan, peringatan Hari Proklamasi harus menjadi tonggak bagi penerus bangsa untuk melanjutkan perjuangan Bangsa agar generasi muda Indonesia ke depan dapat yakin untuk melanjutkan perjuangan leluhur. Caranya dengan mengisi kemerdekaan dengan segala perjuangan yang bersifat positif.

"Hal-hal negatif perlu ditinggalkan, negatif itu salah satunya, tidak waspada, terbawa-bawa dengan ideologi terorisme. Itu sesuatu tentunya negatif di era global hari ini," ujarnya.

Boy Rafly mengunjungi UB dalam Lokakarya Penguatan Wawasan Kebangsaan melalui Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) sebagai langkah strategis menangkal radikalisme. Acara dihadiri para dosen dan staf kampus. [yan]

Baca juga:
Mendag Zulhas Pakai Baju Adat Lampung Karya Designer Lokal saat Upacara di Istana
Kolonel Andike Ungkap Kesan jadi Komandan Upacara di Istana: Tanggung Jawab Berat
Upacara HUT RI di KBRI Kuala Lumpur, SBY: Khidmat, Tertib Tidak Ada Kesalahan
Setya Novanto Tidak Dapat Remisi, Patrialis Akbar Terima Potongan 3 Bulan
Cerita Luhut 'Diperintah' Istri Kenakan Baju Adat Bali untuk Upacara HUT ke-77 RI
Tak Semua Menteri Jokowi Hadiri Upacara di Istana Negara, Ini Alasannya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini