9 Napi di Lapas Purwakarta diusulkan terima remisi Natal

Selasa, 22 Desember 2015 16:03 Reporter : Bram Salam
9 Napi di Lapas Purwakarta diusulkan terima remisi Natal Lapas Purwakarta. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Menjelang hari Raya Natal yang jatuh pada Jumat (25/12) mendatang, Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Purwakarta memberikan remisi pada sembilan narapidana umat Kristiani. Total ada 14 napi Kristiani yang menghuni Lapas Purwakarta.

"Umat kristiani yang menghuni Lapas sebanyak 14 orang dan yang diusulkan dapat remisi sebanyak sembilan orang," ujar Kepala Lapas Purwakarta Warsianto di kantornya, Jalan Sutaatmaja, Purwakarta, Selasa (22/12).

Menurut Warsito, sembilan napi tersebut merupakan penghuni Lapas yang terjerat kasus penyalahgunaan dan peredaran narkoba hingga pidana umum.

"Masa tahanan paling lama dari yang menerima remisi yakni pidana penjara delapan tahun. Harusnya dia bebas Januari 2016 namun karena remisi jadi bebas pada hari Natal nanti," katanya.

Selain merujuk pada aturan perundang-undangan, pemberian remisi itu juga mempertimbangkan sikap dan etika para napi selama dibina.

Adapun penghuni Lapas Purwakarta saat ini didominasi oleh para napi kasus penyalahgunaan dan peredaran narkoba sebanyak 135 napi. Kemudian kedua terbesar terbanyak yakni 100 napi kasus pencurian dan perampokan. Selain itu, di Lapas kelas II A Purwakarta juga diisi dengan satu orang Napi kasus teroris Poso. [hhw]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini