8 Hektar Hutan di Anakan Gunung Lawu Terbakar

Kamis, 10 Oktober 2019 11:26 Reporter : Erwin Yohanes
8 Hektar Hutan di Anakan Gunung Lawu Terbakar Ilustrasi kebakaran hutan. Ilustrasi shutterstock.com

Merdeka.com - Lahan seluas 8 hektar di anakan Gunung Lawu atau biasa disebut orang Gunung Bancak terbakar. Lahan yang terbakar masuk di Desa Garon, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan.

"Tadi malam kejadian kebakarannya. Sampai dini hari tadi baru bisa padam api nya," kata Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Ferry Yoga Saputra, Kamis (10/10).

Dia menyebutkan, lahan yang terbakar adalah hutan rakyat. Dimana lahan tersebut merupakan lahan yang ditanami seperti pohon jati maupun pohon produksi semua. Oleh karena itu, dugaan sementara lahan tersebut memang sengaja dibakar.

"Bisa jadi untuk membersihkan lahannya," terangnya.

Namun, Ferry menyayangkan, jika memang sengaja dibakar, pemilik lahan tidak melaporkan kepada pihak terkait. Dalam hal ini BPBD, Polsek, Koramil maupun Perhutani.

"Apalagi lahan yang dibakar tidak ditunggu. Juga tidak diberi iliran (semacam pembatas agar api tidak merambat). Itu sih yang kami sesalkan," jelasnya.

Dia mengaku ada kekhawatiran dari pihaknya. Jika tidak dijaga atau diberi iliran bisa merembet ke pemukiman seperti yang terjadi tahun lalu.

"Tahun lalu kan juga gitu. Dari kebakaran yang disengaja sampai merembet ke dekat pemukiman. Sampai kurang 50 meter," ungkapnya.

Sehingga, kata dia, saat ada laporan kebakaran di lokasi yang hampir sama. Dirinya bersama anggota Polsek, Koramil dan Perhutani memadamkan api dengan ranting basah.

"Kami lakukan pemadaman. Dan kami buatkan iliran agar api tidak merembet. Saat kebakaran tadi itu posisinya masih 6 km dari pemukiman," pungkasnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini