75 Pembakar lahan di Pontianak ditangkap, diduga suruhan perusahaan

Rabu, 24 Agustus 2016 12:28 Reporter : Nur Aditya
75 Pembakar lahan di Pontianak ditangkap, diduga suruhan perusahaan Aparat gabungan padamkan kebakaran lahan di Kalbar. ©2016 merdeka.com/nur aditya

Merdeka.com - Aparat gabungan Polri dan TNI di Kalimantan Barat (Kalbar) mengamankan 75 pembakar lahan di Pontianak dan Kubu Raya, selama Agustus 2016. Mereka dicurigai sebagai orang suruhan perusahaan perkebunan sawit dan pengembang perumahan di Kalbar.

Hingga Rabu (24/8) pagi, kebakaran lahan gambut di Desa Kuala Dua dan desa Rasau Jaya, Pontianak, belum berhasil dipadamkan. Petugas gabungan TNI Polri, pemadam, serta masyarakat masih berupaya memadamkan api dengan cara penyiraman hingga pembuatan kanal air.

Namun, mereka terkendala dengan luasnya areal lahan gambut yang terbakar. Selain itu, lokasi yang jauh menyulitkan petugas menjangkau titik api meski menggunakan roda dua dan roda empat.

Upaya pemadaman juga dilakukan dengan menggunakan helikopter bantuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berupa bom air. Namun hasilnya belum memuaskan.

"Saat ini ya, Kodam XII Tanjungpura menerjunkan tim khusus, baik itu yang bertugas mensosialisasikan pencegahan maupun penindakan. Ini upaya paling keras yang kami lakukan, agar ada efek jera, bagi masyarakat yang membakar," kata Asisten Operasi Kodam XII Tanjungpura, Kolonel Inf Mohammad Muchidin, kepada wartawan di Pontianak, Rabu (24/8).

Para terduga pelaku pembakar lahan itu sementara ini merupakan pelaku perseorangan, belum ditemukan indikasi berasal dari perusahaan perkebunan sawit.

"Bagi para Dandim dan rekan kepolisian, dengan adanya titik panas di masing-masing wilayah berhasil kita tangkap dan kita proses, lalu kita serahkan ke kepolisian. Sudah ada 75 orang warga kita amankan karena lahan yang terbakar, ada sekitar 2 hektare lebih," ujar Muchidin.

Kepolisian masih mendalami motif pelaku pembakar lahan dan hutan yang dicurigai merupakan warga suruhan perusahaan. Aparat juga menemukan adanya fakta di lapangan, lahan yang terbakar dalam sepekan berikutnya, sudah ditanami jagung hingga tanaman sawit. [ary]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kebakaran Hutan
  3. Pontianak
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini