733 Mahasiswa Diamankan Terkait Kerusuhan Berujung Tewasnya 4 Orang di Waena

Selasa, 24 September 2019 09:12 Reporter : Ya'cob Billiocta
733 Mahasiswa Diamankan Terkait Kerusuhan Berujung Tewasnya 4 Orang di Waena Ilustrasi borgol. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Kerusuhan yang terjadi di Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura menyebabkan tiga warga dan satu anggota TNI tewas. Kerusuhan pecah saat para mahasiswa dalam perjalanan dipulangkan dari halaman Universitas Cenderawasih, meminta diturunkan dan menyerang anggota TNI serta Polri. Usai kejadian tersebut, sebanyak 733 mahasiswa diamankan.

"Ratusan mahasiswa itu saat ini diamankan di Markas Brimob Polda Papua," kata Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal di Jayapura, Selasa (24/9).

Saat ini penyidik masih melakukan pemeriksaan terhadap mereka guna mengetahui secara pasti, apa peran mereka dalam insiden yang menewaskan satu anggota TNI dan enam anggota Brimob terluka parah.

Dalam insiden tersebut, tercatat tiga warga sipil meninggal dan jasadnya saat ini masih disemayamkan di RS Bhayangkara di Kotaraja.

Ketika ditanya apakah dari 733 yang diamankan seluruhnya mahasiswa, Kamal mengaku belum mengetahui dengan pasti karena masih diselidiki penyidik.

"Dari pemeriksaan tersebut baru diketahui status mereka apakah mahasiswa murni atau bukan," terang Kamal.

Dia menerangkan, aksi brutal yang dilakukan para pendemo di luar perkiraan. Karena pada awalnya petugas memprediksi pemulangan mereka dari halaman Uncen berlangsung aman.

"Awalnya memang aman namun saat pendemo diturunkan di sekitar jembatan expo, Waena, tiba tiba mereka menyerang aparat keamanan dan Brimob yang bertugas pengamanan di kawasan itu," beber Kamal. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini