7 Korban Hercules jatuh di Medan tak dikenal dibuatkan prasasti

Senin, 18 Juli 2016 23:04 Reporter : Yan Muhardiansyah
7 Korban Hercules jatuh di Medan tak dikenal dibuatkan prasasti Korban Hercules. ©2016 merdeka.com/yan muhardiansyah

Merdeka.com - TNI AU membuat prasasti penanda makam korban jatuhnya pesawat Hercules C-130 tahun lalu. Prasasti itu bertuliskan nama tujuh korban yang tidak berhasil diidentifikasi.

Prasasti ditempatkan di dekat Monumen Membramo di Jalan Adi Sucipto, Polonia, Medan. Penandatanganan dilakukan Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara I, Marsekal Muda TNI Yuyu Sutisna, Senin (18/7).

Nama-nama yang tertera di atas prasasti itu terdiri dari korban yang tidak ditemukan jasadnya, yaitu Defri, Diah Catur Khairani, Orai Sri Ramdani, Reisa Purba, Sufiah Marawati, Siti Sarah Saragi dan Wan Despita.

"Tujuh orang ini tidak dapat teridentifikasi. Jadi atas izin keluarga, jasad yang tidak dikenali kita sudah makamkan di sini. Kita buatkan prasastinya sehingga keluarga yang ingin berziarah dapat ke sini," jelas Yuyu.

Pesawat Hercules C-130 registrasi A- 1310 milik TNI AU jatuh di atas kompleks pembangunan ruko Royal Gardenia dan sauna tradisional BS Oukup di Jalan Jamin Ginting, Simalingkar, Medan, pada Selasa (30/6/2015) siang. Pesawat tujuan Natuna itu jatuh hanya beberapa menit setelah lepas landas dari Lanud Soewondo, Polonia, Medan.

Akibat musibah ini, 110 penumpang dan 12 awak diyakini tewas. Sembilan masyarakat yang ada di darat juga dilaporkan menjadi korban. Di antara 110 penumpang itu, 5 orang yang jasadnya tidak ditemukan.

Sementara dari 9 warga di darat, terdapat 2 pekerja Oukup BS yang juga tidak didapati jenazahnya. Alhasil 5 jasad utuh dan 22 bagian tubuh yang tidak teridentifikasi dimakamkan secara massal dekat Monumen Membramo, Kamis (29/10).

Salah seorang anggota keluarga korban, Janson Halomoan Sinaga, salah seorang keluarga korban mengaku terharu dengan kegiatan itu. "Ada lima keluarga kami yang menjadi korban jatuhnya pesawat tersebut. Yang dimakamkan di sini adalah istri dari pendeta Sahat Martua Sinaga," ucapnya. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini