7 Gelar kehormatan untuk Presiden SBY

Selasa, 30 Oktober 2012 08:44 Reporter : Anwar Khumaini
7 Gelar kehormatan untuk Presiden SBY Presiden SBY.
4. Gelar adat Melayu Jambi

Merdeka.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merupakan Presiden pertama yang mendapatkan gelar adat dari Jambi.

Untuk Presiden, Jambi baru pertama kali ini memberikan gelar adat. Tetapi tokoh nasional seperti mantan Kasad Edi Sudrajat dan Faisal Tanjung pernah memperoleh gelar adat.

Dalam penyerahan gelar adat ini, semestinya ada prosesi penjemputan bagi penerima gelar adat itu ditiadakan, lalu prosesi penerimaan dengan acara adat juga dihilangkan.

Namun prosesi pencak silat, rebana dan kepala kerbau masih ada. Dihilangkannya beberapa rangkaian acara tersebut tidak menghilangkan makna gelar adat tersebut.

Menurut Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi bersama seluruh Lembaga Adat Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi telah melaksanakan musyawarah, dan dalam musyawarah tersebut disepakati untuk memberikan Gelar Adat kepada Presiden.

Dasar pertimbangannya, menurut Gubernur, LAM Provinsi Jambi bersama LAM Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi merasakan sudah sepantasnya pada saat Presiden membuka Musyawarah Lembaga Adat se-Sumatera, LAM Jambi memberikan gelar kehormatan kepada Presiden, juga merupakan penghargaan kepada Presiden.

Topik berita Terkait:
  1. Presiden SBY
  2. Top List
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini