7 Daerah Zona Merah di Jateng Tutup Destinasi Wisata

Sabtu, 12 Juni 2021 21:52 Reporter : Danny Adriadhi Utama
7 Daerah Zona Merah di Jateng Tutup Destinasi Wisata Menara Kudus, salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Tujuh daerah di Jawa Tengah menutup destinasi tempat wisata selama masa perpanjangan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro selama sepekan. Penutupan dilakukan karena kawasan itu masuk zona merah atau risiko tinggi penularan Covid-19.

"Tujuh wilayah yakni Kudus, Pati, Rembang, Jepara, Demak, Kabupaten Semarang, dan Grobogan. Daerah itu masuk zona merah maka wajib ditutup. Aturan itu berlaku sejak pemberlakuan PPKM mikro sejak 7 Juni hingga 14 Juni mendatang," kata Kasi Destinasi Pariwisata Jateng Riyadi, Sabtu (12/6).

Dia mengungkapkan, kebijakan PPKM Mikro telah diterapkan sejak 7 Juni hingga 14 Juni mendatang. Salah satu ketentuannya, daerah yang masuk dalam zona merah wajib menutup total destinasi tempat wisata.

Sementara itu, daerah yang masuk zona oranye diimbau menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, seperti pembatasan jam operasional serta pembatasan pengunjung yakni 30 persen dari daya tampung maksimal.

"Akan kami lakukan evaluasi, nanti setelah tanggal 14 Juni, jika keadaan masih belum kondusif, bukan tidak mungkin akan kami terapkan lagi," jelasnya.

Restoran dan hotel tetap diizinkan beroperasi dengan ketentuan protokol kesehatan ketat. "Jika ada yang melanggar protokol kesehatan kami akan meminta satgas untuk menindak mulai dengan menegur hingga melakukan penyegelan," tandasnya. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini