7 Bulan Berlalu, Harun Masiku Masih Misterius

Selasa, 21 Juli 2020 10:00 Reporter : Bachtiarudin Alam
7 Bulan Berlalu, Harun Masiku Masih Misterius harun masiku. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Sudah hampir tujuh bulan, KPK masih belum berhasil menangkap tersangka kasus suap Eks calon legislatif PDI Perjuangan (PDIP) Harun Masiku yang turut menjerat eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Berdasarkan catatan merdeka.com pemburuan bermula saat operasi senyap pada Rabu, 8 Januari 2020. Tim KPK mengamankan delapan orang dan menetapkan empat sebagai tersangka.

Para tersangka itu ialah Harun Masiku, eks Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan, kader PDIP sekaligus eks Anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina dan Saeful (Swasta).

Tetapi, Harun telah menghilang semenjak operasi senyap tersebut. Hingga informasi yang diyakini KPK atas keberadaan Harun di sekitar Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), juga tak berhasil ditangkap.

Kemudian, Pada 9 Januari, KPK telah menetapkan Harun sebagai tersangka dan memintanya menyerahkan diri. Tak kunjung muncul, KPK memutuskan untuk memasukan eks Caleg PDIP itu sebagai daftar buronan pada 29 Januari.

Jejak Harun seperti teka teki hingga menimbulkan beragam spekulasi yang tak kunjung terbukti. Senin (13/1), Ditjen Imigrasi Kemenkumham menyatakan, Harun terbang ke Singapura sejak 6 Januari 2020 dan belum kembali ke Indonesia.

Selanjutnya, sembilan hari berselang, Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ronny Sompie mengakui Harun Masiku telah berada di Indonesia sejak tanggal 7 Januari 2020. Harun tiba di Jakarta setelah sehari sebelumnya pergi ke Singapura.

Pengakuan yang terlambat, ungkap Ronny, karena faktor keterlambatan informasi yang diperoleh Ditjen Imigrasi dari Bandara Soekarno-Hatta. Namun dia malah dicopot berkenaan hasil dari tim gabungan untuk menyelidiki kesalahan informasi soal catatan perjalanan Harun.

Baca Selanjutnya: Mula Perkara Harun Masiku...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini