KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

7 Bintang panas Indonesia yang menjadi magnet bioskop

Minggu, 28 Oktober 2012 16:00 Reporter : Saugy Riyandi
6. Susana

Merdeka.com - Wanita bergelar The Queen of Indonesian Horror yang lahir 13 Oktober 1942 di Bogor ini menghebohkan jagad perfilman lewat adegan panasnya di Bernafas Dalam Lumpur dan Bumi Makin Panas.

Karirnya berawal saat memenangkan kontes Tiga Dara dan diaudisi oleh Usmar Ismail. Kala itu, Suzanna Martha Frederika van Osch asal Magelang berusia 15 tahun itu baru pertama kali ke Jakarta dan belum pernah memegang telepon merasa dirinya gagal tes, karena gugup waktu acting mengangkat telepon.

Tetapi, gadis muda berjulukan The Next Indriati Iskak ini ternyata lolos dan memukau penonton lewat Asrama Dara dan meraih banyak penghargaan, diantaranya The Best Child Actress (Festival Film Asia , Tokyo, 1960), dan Golden Harvest Award.

Si bungsu dari lima bersaudara yang berdarah Jerman-Belanda-Jawa-Manado ini juga meraih gelar Aktris Terpopuler se-Asia saat Festival Film Asia Pasifik di Seoul 1972. Tetapi popularitasnya justru lewat film-film panas dan mistik seperti Bernapas dalam Lumpur (1970), Pulau Cinta (1978), dan Ratu Ilmu Hitam (1981) yang membuatnya menjadi nominator FFI.

Beberapa film yang berisikan dirinya beradegan panas adalah Petualangan Cinta Nyi Blorong, Ratu Sakti Calon Arang, dan Perkawinan Nyi Blorong.

Topik berita Terkait:
  1. Film Nasional

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.