65 Kg Ganja asal Sumatera Gagal Beredar di Jabodetabek, 2 Kurir Ditangkap

Rabu, 26 Mei 2021 06:00 Reporter : Kirom
65 Kg Ganja asal Sumatera Gagal Beredar di Jabodetabek, 2 Kurir Ditangkap Polisi menunjukkan barang bukti ganja yang diamankan di Mapolres Metro Tangerang, Selasa (25/5). ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Tangerang menggagalkan peredaran 65 Kg ganja di wilayah Jabodetabek. Mereka menangkap dua kurir yang mengirim dan menerima barang haram itu melalui jasa ekspedisi.

Dua tersangka yang ditangkap berinisial CR dan SW. CR ditangkap saat mengambil paket ganja itu di perusahaan jasa ekspedisi di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (5/5). Petugas mengembangkan penangkapan itu, sehingga SW yang merupakan pengirimnya pun diringkus.

"Dari hasil investigasi, narkoba ini dikirim dan dikendalikan dari daerah Sumatera yang diedarkan ke wilayah Jabodetabek," kata Kapolres Metro Tangerang, Kombes Pol Deonijiu De Fatima di Mapolres Metro Tangerang Kota, Selasa (25/5).

Dia menjelaskan, kasus tersebut berhasil terungkap dari pengintaian petugas, setelah mendapatkan informasi adanya pengiriman ganja asal Sumatera.

Dari informasi itu, petugas kemudian mengintai gerak-gerik tersangka CR selama sepekan, mulai dari Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang, sampai kantor PT Cargo di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sesampainya di perusahaan ekspedisi itu pada Rabu (5/5), CR tertangkap tangan mengambil paket berisi 65 Kg ganja.

Selanjutnya SW pun tertangkap. "Saat ini (dua) tersangka dan barang bukti sudah diamankan di Mapolresta Tangerang," katanya.

Dalam pengungkapan kasus itu, polisi juga menyita barang bukti berupa satu minibus yang digunakan tersangka untuk mengangkut paket ganja. "Estimasi korban yang bisa diselamatkan dari jumlah barang bukti maka kira-kira menyelamatkan 65 ribu jiwa masyarakat," jelas Deonijiu.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) subsidair Pasal 111 ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman pidana mati, seumur hidup atau paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini