62 Kasus hitam coreng wajah Polri selama 2012-2013

Senin, 1 Juli 2013 16:31 Reporter : Dharmawan Sutanto
62 Kasus hitam coreng wajah Polri selama 2012-2013 Pasukan Brimob. Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - 62 Kasus hitam mencoreng cita Kepolisian Republik Indonesia sepanjang tahun 2012-2013. Hal ini dinilai sebagai langkah mundur Polri di tengah hari jadinya ke 67 yang jatuh tepat Senin ini.

Kasus yang menonjol adalah korupsi (2 kasus), penganiayaan (19 kasus), narkotika (13 kasus), perkosaan (5 kasus), pembunuhan (4 kasus) dan perampokan (3 kasus).

"Sangat jelas di bawah kepemimpinan Timor Pradopo merupakan kemunduran dari kepemimpinan sebelumnya dan 62 kasus ini menunjukkan langkah mundur kepolisian dan jauh dari reformasi Polri sejak tahun 2000 lalu," papar kepala bidang riset dan pengembangan pengacara publik LBH Jakarta Muhamad Isnur.

Isnur menambahkan, pemilihan Kapolri nanti sudah seharusnya melibatkan masyarakat luas untuk memilih Kapolri yang berkompeten dan bisa memajukan Polri.

"Sebentar lagi kan akan ada pemilihan Kapolri sudah seharusnya rekam jejak Polri dibuka luas kepada masyarakat dan juga calon-calon Kapolri nanti jejak rekamnya dibuka secara umum sehingga diketahui oleh masyarakat luas baik dari latar belakangnya termasuk juga jumlah kekayaannya karena kan sudah sangat jelas kepolisian itu kan tidak boleh berbisnis dan suatu pertanyaan besar nantinya jika calon-calon tersebut diketahui memiliki harta yang besar dari mana mereka bisa mendapatkannya," jelasnya. [ian]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini